Dark/Light Mode

Mengasah Ide Mencipta Kemasan Yang Ramah Lingkungan Mudah Terurai

Selasa, 4 Juni 2024 13:02 WIB
Mengasah Ide Mencipta Kemasan Yang Ramah Lingkungan Mudah Terurai

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengembangan packaging menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam meningkatkan daya tarik produk kita. Sebagai wujud peran aktif IPF (Indonesia Packaging Federation) dalam mengkatalis kemajuan industry kemasan dalam negeri, kami kembali menggelar PackindoStar 2024.

Perhelatan ini merupakan ajang tahunan yang melibatkan packaging manufacturer, brand owner dan mahasiswa. Bersamaan dengan itu, kegiatan ini juga secara konsisten menelurkan packaging designer yang kemampuannya diakui di perhelatan internasional seperti WorldStar dan AsiaStar

Secara keseluruhan pelaksanaan PackindoStar 2024 terbagi dalam empat kategori yaitu Consumer Package, Transport Package, Student Package dan Sustainability Package. 

Perusahaan pengemasan atau pun brand owner yang tertarik bergabung, dapat mendaftar pada Kategori Industry. 

Baca juga : BNI Ajak Nasabah Emerald Kenali Lebih Dekat Kendaraan Ramah Lingkungan

Sementara untuk mahasiswa dan pelajar, dapat bergabung di Kategori Student Package. Sedang kategori Sustainability Package terbagi dalam 2 sub-kategori komersial dan sub-kategori konsep yang bisa diikuti baik oleh industri (brand owner, packaging converter), NGO, mahasiswa dan lembaga dan organisasi yang terkait dengan pengemasan.  
 
Sustainability Award diadakan untuk menjembatani kebutuhan informasi di brand owner, regulation maker dan material innovator. Selama ini, brand owner mengalami kesulitan dalam memenuhi peraturan KLHK terkait kemasan yang memenuhi prinsip Ekonomi Sirkular, ini dikarenakan kurangnya informasi tentang bahan baku alternatif yang memenuhi persyaratan sustainability. 

Melalui kegiatan ini semua pihak berlomba dalam memperkenalkan inovasi teknologi mereka dengan dampak lingkungan yang minimum. Diharapkan pertukaran informasi Ini dapat mempercepat transisi menuju kemasan yang berkelanjutan dalam ekonomi sirkular di skala industri. 

Sustainability Awards terbagi dalam dua sub-kategori yaitu Komersial dan Konsep. Design yang sudah diikutsertakan dalam Kategori lainnya yakni Consumer Package dan Transport Package dapat langsung diikutkan sertakan dalam Sustainability Awards tanpa dikenakan biaya tambahan, apabila memenuhi syarat.  

Kategori Sustainability Package - sub-kategori Komersial maupun konsep harus memberikan dampak positif pada lima kriteria penjurian yakni: dampak social (manfaat bagi masyarakat), material (bahan yang digunakan termasuk sumber daya terbarukan), source reduction (pengurangan material yang digunakan), energi (optimalisasi selama transportasi, penyimpanan dan penggunaan secara efisien), dan recovery (menggunakan bahan yang dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, daur ulang bahan pasca-konsumen). 

Baca juga : Menperin Nggak Tahu Isi Kontainer Yang Numpuk: Semoga Bukan Barang Jadi

Selain itu bagi peserta kompetisi yang menggunakan bahan kemasan kertas dan karton, dapat mengikuti Kategori Sustainability Package dengan sub-kategori Komersial  yang diadakan IPF bersama salah satu anggotanya yakni PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification), yakni sebuah Lembaga Sertifikasi Hutan untuk pengelolaan hutan lestari, yang memastikan bahwa hutan dikelola sesuai dengan persyaratan lingkungan, sosial dan ekonomi.

Kompetisi PackindoStar ini dinamakan: PEFC ForestPositive Packaging Award 2024. bahan kemasan yang 100% berbahan dasar serat yakni kertas dan karton. Selain itu bagi peserta yang menggunakan bahan lain, dapat mengikuti kompetisi ini dalam skala yang luas. 
Untuk sub-kategori Konsep, pengadaan mockup packaging tidak bersifat keharusan. 

Penyampaian gagasan dapat melalui gambar dan narasi berfokus pada deskripsi teknologi dan positive impact dari sustainable packaging tanpa mengorbankan fungsionalitas packaging itu sendiri. Sub-kategori Konsep ini diharapkan dapat diikuti oleh industry (brand owner dan atau packaging manufacturer), tapi juga dapat diikuti secara luar mencakup perusahaan pembuat mesin, bahan baku, bahan komponen untuk kemasan seperti tinta, adhesive, masterbatch, additive, dll., serta consultant, lembaga penelitian (Litbang), LSM, dan akademisi (mahasiswa dan kelompok research) dapat mendaftarkan teknologi penunjang sustainable packaging yang sedang dikembangkan. 

Teknologi ini dapat berupa bahan baku polymer, struktur film, material dan proses daur ulang, management produksi mau pun system management post-used packaging. 
Kategori Consumer Package dan Transport Package 
 
Kategori ini termasuk kategori komersial yang dapat diikuti oleh brand owner dan industry pengemasan. 

Baca juga : Moderasi Beragama Cara Indonesia Ciptakan Perdamaian & Persatuan

Melalui PackindoStar kategori komersial ini, IPF memberikan ruang apresiasi bagi praktisi industry kemasan dan brand owner. Mereka secara konsisten terus berkarya menghasilkan kemasan yang semakin baik ditengah kendala yang ada. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan brand owner untuk mempromosikan produk mereka.  
 
Penilaian juri untuk kategori Consumer Package menitikberatkan pada tampilan packaging yang menarik dan kepraktisan bagi konsumen. Sementara untuk penilaian kategori Transport Package mengutamakan fungsi packaging dalam membantu proses supply chain (logistik, transportasi dan distribusi). 
Kategori Student Package 
 
Kategori ini dapat diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. Perkembangan design kemasan tidak lepas dari kreativitas tinggi kalangan muda terutama mahasiswa. 

Design yang diajukan mahasiswa sering kali sangat segar dan inovatif bahkan membawa terobosan yang tidak terpikirkan oleh kalangan industry. Untuk itu PackindoStar kategori mahasiswa ini menjadi kategori yang ditunggu tunggu oleh banyak pihak. Tidak jarang hasil karya finalis digunakan langsung oleh UMKM dan brand owner produk terkemuka.  

Hal yang menarik dari penyelenggaraan PackindoStar kategori mahasiswa adalah, peserta tidak dikenakan biaya registrasi sama sekali, malah pemenangnya akan memperoleh hadiah puluhan juta rupiah dan sertifikat penghargaan dari IPF untuk bisa mengikuti lomba AsiaStar dan WorldStar.

Seluruh peserta dari berbagai kategori itu akan mendapatkan sertifikat dari Packindostar serta trophy dan uang tunai.
Sedangkan waktu pendaftaran adalah di bulan Juni dan ditutup pada akhir Agustus 2024, sedangkan pengumuman pada 10 September 2024 dan puncak acara di Bali pada 8 November 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.