Dewan Pers

Dark/Light Mode

FKG Usakti Ajak Masyarakat Lindungi Anak dari Penyebaran Covid-19

Minggu, 16 Agustus 2020 06:35 WIB
FKG Usakti Ajak Masyarakat Lindungi Anak dari Penyebaran Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) kepada warga RT 06 dan 07 Cluster Fitonia, Casa Jardin Residence, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat pekan lalu.

Ketua tim PkM Usakti drg. Elline, Sp.KG(K) dalam rilisnya menyebutkan bahwa PkM ini merupakan bentuk tanggung jawab serta kepedulian FKG Usakti dalam meningkatkan kesehatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebiasaan Pola Hidup Bersih Sehat khususnya di era pandemi Covid-19.

"Kegiatan yang dilakukan di Jakarta Barat, karena jumlah pasien Covid-19 yang cukup tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat perlu memahami serta mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19", jelasnya. 

Berita Terkait : Kowani Ajak Orang Tua Jaga Anak-anak Dari Bahaya Corona

PkM yang dilakukan secara daring ini diikuti lebih dari 40 orang warga dengan tema tentang Protokol Kesehatan Covid-19, serta diskusi interaktif terkait Meminimalisasi Risiko Penularan Covid-19 pada Anak dengan dr. Edward Surjono, Sp.A sebagai narasumber. 

Pada Diskusi interaktif membahas tentang risiko penularan Covid-19 pada anak-anak, termasuk penularan dari orang tua ke anak-anak mapun sebaliknya.  “Anak-anak maupun orang dewasa memiliki risiko yang sama besar untuk terkena Covid-19, oleh sebab itu penting untuk melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan sebagainya. Selain itu orang tua juga berperan penting menjadi contoh bagi anak-anaknya agar mau memakai masker serta melaksanakan protokol kesehatan lainnya,” jelas dr. Edward dalam menjawab salah satu pertanyaan warga. 

PkM kali ini beranggotakan drg. Anastasia Elsa Prahasti, Sp.KG(K), drg. Goalbertus, MM, drg. Bernard O. Iskandar, Sp.KG(K), drg. Gregorio Davin, drg. Jessica Purnadjaja, drg. Erlando, dan dibantu oleh dua orang mahasiswa serta tim IT. 

Berita Terkait : Wamenag : Madrasah dan Pesantren Harus Adaptasi Covid-19

Selain melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan dan diskusi interaktif, tim PkM FKG Usakti juga membuat spanduk yang menyerukan pemakaian masker, serta himbauan menjaga jarak untuk mencegah penularan Covid-19. 

Ketua RT 07 Cluster Fitonia, Casa Jardin Residence, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat,  Suhardi Thereas mengucapkan terimakasih atas informasi yang diberikan tim PkM FKG Universitas Trisakti.

"Kegiatan PkM FKG Universitas Trisakti sangat bermanfaat, khususnya bagi para orang tua sehingga dapat mengedukasi dan menjaga anak-anaknya dengan baik sesuai protokol kesehatan selama pandemi ini, tuturnya.