Dark/Light Mode

Kowani Ajak Orang Tua Jaga Anak-anak Dari Bahaya Corona

Sabtu, 15 Agustus 2020 10:30 WIB
Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)
Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo mengajak, anggotanya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melindungi anak-anak dari virus corona dengan mengikuti protokol kesehatan secara benar. Pasalnya, selain lansia, anak-anak juga rentan tertular virus asal China itu.

 “Kowani akan mengajak para mitra dan anggota ormas anggota untuk sama-sama berupaya melindungi anak-anak dari ketidakpedulian orang tua akan pentingnya protokol kesehatan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/8).

Baca juga : Kenalin Nih, 7 Sumur Tua Cagar Budaya Kota Bekasi

Sedangkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto dalam sambutannya mengatakan akan pentingnya melindungi anak-anak di Indonesia. Ada empat tren yang melemahkan perlindungan anak.

Pertama, tingkat perceraian yang tinggi di Indonesia mengakibatkan perlindungan terhadap anak ikut terpengaruh. KPAI mengajak Kowani untuk ikut berperan meminimalis tingkat perceraian.

Baca juga : Soal Menteri Dilarang Tinggalkan Jakarta, Menpora: Tak Jelas Sumbernya

Kedua, tren digital saat ini sangat melemahkan perlindungan anak akibat kurangnya literasi dan proteksi terhadap anak. Ketiga, kesehatan anak. Banyak anak terpapar covid-19 karena tidak menjalankan protokol kesehatan secara benar.

Dan, keempat layanan pendidikan. Tingkat kemakmuran yang tidak merata mengakibatkan anak tidak memperoleh pendidikan sebagaimana mestinya.

Baca juga : Dewan Kota Bandung Prihatin Maraknya Prostitusi Anak Di Bawah Umur

Dalam kesempatan sama, Kowani juga menerima penghargaan sebagai Organisasi Wanita terbesar di Indonesia yang telah melaksanakan "Penanganan Terbanyak Dalam Menghadapi Covid-19” dari Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana, Sabtu (15/8). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.