Dark/Light Mode

Tingkatkan Pajak Kendaraan, Pemkab Bogor Gandeng Bapenda Jabar

Rabu, 16 September 2020 17:12 WIB
Tingkatkan Pajak Kendaraan, Pemkab Bogor Gandeng Bapenda Jabar

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat menandatangani Sinergitas Program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pajak Daerah, Acara penandatangan kerjasama dilaksanakan di Ruang Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, (16/9).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pendapatan yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kapasitas fiskal daerah.

Baca Juga : Ikut Berduka, Jokowi Kenang Sekda DKI Sebagai Rekan Kerja Yang Baik

 “Pajak kendaraan bermotor itu salah satu sumber pendapatan daerah untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, oleh karena itu Pemkab Bogor senantiasa mendukung upaya Pemprov Jabar dalam meningkatkan pelayanan PKB di wilayah Kabupaten Bogor berdasarkan peraturan perundang-undangan,” kata Iwan

Perjanjian kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Bapenda Provinsi Jawa Barat yang ditandatangani hari ini merupakan upaya mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah dan pelayanan kepada masyarakat (wajib pajak) dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Ini juga sebagai implementasi dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT), serta meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat, tambahnya. 

Baca Juga : Ara Sirait: Untuk Kepentingan Kesehatan Rakyat, Revisi UU Pilkada atau Keluarkan Perppu

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko berharap semua pemangku kepentingan di Kabupaten Bogor bahu-membahu mendukung berbagai inovasi dan program yang sudah ada. 

“Kita semua berharap agar keadaan segera pulih, ekonomi berjalan normal kembali, tingkat kemampuan masyarakat juga meningkat sehingga dapat mendorong masyarakat untuk tetap memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak baik PKB maupun PBB,” jelasnya. [ARM]