Dark/Light Mode

Kominfo mengadakan Webinar “Peran Influinsasi Internet Sehat Terhadap Masa Depan Bangsa”

Kamis, 24 September 2020 10:30 WIB
Kominfo mengadakan Webinar “Peran Influinsasi Internet Sehat Terhadap Masa Depan Bangsa”

RM.id  Rakyat Merdeka - Rabu, 23 September 2020 Kominfo mengadakan sebuah webinar yang bertemakan “Influinsasi internet sehat untuk generasi masa depan bangsa” pengisi acara tersebut adalah Prof. Henri Subiakto, SH. Seorang staff ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, lalu ada Ir. Alimin Abdullah dari Anggota Komisi 1  DPR RI Fraksi PAN, dan Arif Mustopha, S.IP, M.Si.  

Dari kegiatan tersebut Prof. Henri Subiakto menyampaikan banyaknya marak isu hoax yang terjadi pada masa pandemi sangat bisa merugikan masyarakat Indonesia. Yang mana maraknya isu hoax tersebut sering menjadi penyakit juga pada masyarakat dengan istilah infodemik. Kita harus sama-sama melawan infodemik karena dapat menyebabkan kekacauan informasi dimasyarakat. 

Baca juga : Kemkominfo melaksanakan webinar bertemakan membangun bangsa dengan internet sehat

Seperti contoh halnya hoax yang mana thermo gun dapat menyebabkan kanker otak padahal yang menyampaikan statement bukanlah seorang ahli dibidang tersebut, dalam hal ini infodemik dapat membuat kekacauan informasi yang sangat tidak sesuai pada masyarakat. Maka pentingnya literasi digital sangat diperlukan untuk memberikan sebuah pengetahuan tentang penggunaan teknologi yang bersifat baik.

Pemerintah meluncurkan sebuah aplikasi Peduli Lindungi yang merupakan aplikasi merah putih yang mampu melacak potensi penularan dengan memberi tahu pengguna saat masuk ke area berbahaya atau tidak. Sebuah gebrakan ditengah-tengah pandemi untuk menjaga masyarakat Indonesia dari bahaya penyebaran virus Covid-19.  

Baca juga : Kecerdasan Artifisial, Dasar Inovasi Indonesia di Masa Depan

Sementara Ir. Alimin Abdullah menyampaikan bahwasanya selalu gunakan akal dan pikiran yang baik sebelum melakukan sesuatu di sosial media, karena dapat menyebabkan akibat buruk apabila kita melakukan keburukan di sosial media. Pemerintah melalui komisi 1 DPR RI terus bekerja keras untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam hal bidang teknologi terkhusus jangkauan dari internet itu sendiri. 

Bahkan pemerintah sudah meningkatkan anggaran untuk pembangunan bidang teknologi pada tahun-tahun kedepannya sehingga terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal kemampuan akses masyarakat dalam bidang teknologi hingga daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Baca juga : Prostitusi Online Di Bawah Umur Kian Menjamur Di Kota Bandung

Arip Mustopha menyampaikan bahwasanya tingginya penggunaan internet di Indonesia sangatlah signifikan peningkatannya dari tahun ke tahun yang mana baid dari bidang sosial media chatting , video , musik atau apapun itu sangat signifikan tetapi penggunaan menuju suatu hal yang positif sangatlah perlu karena disadari bahwa tingginya penggunaan internet untuk suatu hal yang positifkah atau negatif, maka dari itu pentingnya pendampingan orang tua dalam penggunaan internet dan juga pentingnya literasi digital sangat dibutuhkan untuk meningkatkan suatu penggunaan internet yang lebih bersifat positif.

Dengan demikian baik peran dari pemerintah sebagai peningkat kemampuan aksesibilitas teknologi bagi masyarakat dan masyarakat sebagai pengguna teknologi harapannya dapat menjadi pengguna teknologi yang bijak dan bersifat dewasa. Sehingga apa yang dilakukan KOMINFO dapat terwuju dengan terjadinya penggunaan internet sehat pada masyarakat dan melahirkan generasi emas yang maju teknologi nya dan dewasa bersikap dalam dunia teknologi. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.