Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP II Andalkan Teknologi Informasi Untuk Batasi Penumpang Di Bandara

Rabu, 10 Juni 2020 09:18 WIB
Jumlah penumpang di bandara terjadi penumpukan saat new normal.
Jumlah penumpang di bandara terjadi penumpukan saat new normal.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura ll  akan menerapkan sistem teknologi informasi untuk mencegah membludaknya penumpang di masa new normal.

Sistem ini memungkinkan mengatur kapasitas terminal melebihi 50 persen dari jumlah penumpang di waktu sibuk.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengungkapkan,  sistem ini akan mengkolaborasikan semua aspek operasional agar memastikan kelancaran penerbangan dan alur penumpang.

Baca juga : Maskapai Diizinkan Angkut Penumpang Maksimal 70 Persen

"Ditambah, dalam waktu dekat ada teknologi informasi baru yang segera diterapkan. Melalui penerapan teknologi informasi ini, maka kapasitas terminal di Soekarno Hatta bisa ditetapkan lebih fleksibel, mungkin lebih dari 50 persen dari jumlah penumpang waktu sibuk," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (10/09).

Awaluddin mengatakan, melalui penerapan teknologi informasi seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta, kapasitas terminal dalam waktu sibuk dapat ditentukan secara lebih fleksibel.

Penerapan teknologi informasi di Soekarno Hatta guna mengkolaborasikan seluruh aspek operasional antara lain lewat adanya Terminal Operation Center di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Baca juga : PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Covid di Tangerang

TOC masing-masing terminal akan mendukung kolaborasi di antara stakeholder yang dipusatkan di Airport Operation Control Center (AOCC). Secara keseluruhan, TOC dan AOCC merupakan pondasi dari platform operasi bandara untuk Airport Operation Management System yang didukung implementasi teknologi andal. 

“Melalui implementasi teknologi informasi itu, Soekarno Hatta dapat menjalankan respons cepat, sistem peringatan dini dan efektivitas dalam operasional. Penerapan teknologi ini dapat dengan mudah membantu dalam penentuan kapasitas terminal yang dapat digunakan," tuturnya.

Selain itu, dalam waktu dekat aplikasi Travelation juga akan diluncurkan PT Angkasa Pura II. Melalui Travelation, calon penumpang pesawat dapat mengunggah dokumen yang dipersyaratkan seperti misalnya surat hasil tes PCR atau rapid test agar diperbolehkan naik pesawat.

Baca juga : Angkasa Pura I Perketat Protokol New Normal Untuk Pemangku Kepentingan Di Bandara

“Travelation bertujuan untuk menyederhanakan prosedur, di mana dokumen diperiksa secara digital. Kami berharap ini dapat berdampak pada prosedur sistem antrian di bandara yang lebih sederhana sehingga flow penumpang dapat berjalan lancar,” jelasnya.

Prosedur sistem antrian pemeriksaan dokumen kesehatan sendiri merupakan salah satu yang diperhitungkan dalam menetapkan kapasitas terminal bandara pada waktu sibuk. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.