Dark/Light Mode

Jobstreet Beri Peluang Kerja di Masa Pandemi

Kamis, 8 Oktober 2020 10:20 WIB
Jobstreet Beri Peluang Kerja di Masa Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Jobstreet memperkenalkan fitur #LangsungKerja yang sudah tersedia di situs Jobstreet untuk mempermudah pencari kerja mendapatkan peluang kerja yang lebih besar. Hal tersebut Digelar secara virtual dan  dihadi Faridah Lim, Country Manager, Jobstreet Indonesia; Nurma Midayanti, SSi, M.Enc.Sc, Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik; Hj. Sri Lestari Sukarno, HR Services Ass. Manager, PT Panasonic Gobel Indonesia; dan Almer Hafiz, Talent Acquisition Manager, Danone Indonesia.

“Pada bulan Mei 2020, Jobstreet mengadakan sebuah survei terhadap lebih dari 5.000 responden di Indonesia yang terdiri dari karyawan, pencari kerja, dan perekrut. Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 sangat berdampak pada para pekerja, di mana lebih dari 50% responden kehilangan pekerjaan atau pun diberhentikan sementara dari pekerjaan mereka. 43% dari responden mengalami pengurangan gaji hingga lebih dari 30%. Dari survey ini juga, terlihat bahwa industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah perhotelan/catering, pariwisata, pakaian, makanan dan minuman, serta arsitektur dan konstruksi,” ungkap Faridah Lim, Country Manager, Jobstreet Indonesia.  

Baca juga : Strategi Business Survival AP II Terbukti Manjur di Tengah Pandemi Covid

Data tersebut juga didukung oleh “Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19” yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). “Selama masa pandemi ini, Badan Pusat Statistik (BPS) juga melakukan survei persepsi terhadap lebih dari 87.739 responden. Menurut survei tersebut, saat ini hanya 56,40% responden yang masih tetap bekerja; 22,74% tidak bekerja; 18,34% bekerja tetapi dirumahkan, sementara; dan 2.52% baru saja di-PHK. Pandemi juga telah berdampak pada pendapatan para responden, di mana 41,91% responden mengalami penurunan pendapatan,” ujar Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik Nurma Midayanti, Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik.

Sejak diluncurkan, hingga kini fitur #LangsungKerja sudah digunakan lebih dari 43.000 pencari kerja di profil mereka, dan lebih dari 6.000 kandidat sudah menarik perhatian perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Baca juga : Menperin: RUU Cipta Kerja Permudah Perizinan

HR Services Ass. Manager, PT Panasonic Gobel Indonesia, Hj. Sri Lestari Sukarno, menuturkan sudah menjadi mitra Jobstreet selama 12 tahun dan merasakan manfaat dari kerjasama ini. Sebelum bermitra dengan Jobstreet, kami melakukan proses pencarian kandidat secara manual. Tim HR di PT Panasonic Gobel Indonesia terbantu dengan layanan pencarian kandidat karyawan yang disediakan oleh Jobstreet. Banyak karyawan kami yang direkrut melalui Jobstreet dan kami puas dengan kualitas dan standar karyawan yang kami dapatkan. "Kami juga sangat mendukung fitur terbaru dari Jobstreet, yaitu #LangsungKerja yang bisa membantu proses perekrutan, terutama untuk jabatan yang sedang lowong sehingga dibutuhkan pengganti dengan cepat" ucap Sri. 

Jobstreet bangga telah berhasil menjadi mitra karier pilihan masyarakat Indonesia dengan menjadi situs yang menyediakan jumlah lowongan terbanyak, yang paling banyak dicari sebagai mitra karier, serta yang paling sering digunakan oleh para pencari kerja. "Kami berharap bisa terus meningkatkan peran kami sebagai mitra para pencari mau pun penyedia lowongan kerja, sehingga membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi untuk menata kembali bisnis, karier, dan hidup mereka. Bersama-sama kita dapat saling membantu dan maju bersama melewati masa penuh tantangan ini,” tambah Faridah. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.