Dewan Pers

Dark/Light Mode

MUTU International Perbaiki Sistem Manajemen

Jumat, 18 Desember 2020 15:06 WIB
MUTU International Perbaiki Sistem Manajemen

RM.id  Rakyat Merdeka - Setahun setelah diterimanya penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dari Kemenpan RB, pada 17 Desember 2020 Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka, menerima sertifikat SNI ISO 9001-Sistem Manajemen Mutu dan SNI ISO 37001-Sistem Manajemen Anti Penyuapan dari MUTU International.

Adapun lingkup penerapan kedua standar tersebut, meliputi 4 jenis layanan kekonsuleran. Masing-masing adalah : Penerbitan dokumen keimigrasian Paspor dan SPLP, Penerbitan visa diplomatik / Dinas dan Biasa, Penerbitan Affidavit untuk anak berkewarganegaraan ganda, Pemberian bantuan hukum bagi WNI dan BHI.

Berita Terkait : Bulog Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

 “Tujuan diterapkannya kedua standar sistem manajemen tersebut pada ke-4 area di atas, untuk mengubah manajemen pelayanan yang biasa menjadi layanan yang prima, dengan mengutamakan kepuasan dan keadilan bagi penerima layanan,” kata Konsul Jenderal Mirza Hidayat dalam keterangannya (17/12). 

Persiapan penerapan kedua sistem manajemen tersebut dilakukan bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN), selama kurang lebih 10 bulan. Rangkaiannya dimulai dari pemahaman terhadap standar, analisa kesenjangan pemahaman dan praktik kerja, pengembangan kebijakan, penerapan standar dalam sistem manajemen. 

Berita Terkait : Shenina Cinnamon, Jefri Sudah Mantan

Dalam sambutannya, President Director MUTU International, Arifin Lambaga sebagai pihak yang menerbitkan sertifikat SNI ISO 9001 maupun SNI ISO 370001, menyampaikan bahwa langkah yang ditempuh KJRI merupakan tuntutan profesionalisme yang tak dapat dihindari. 

“Dengan diserahkannya sertifikat SNI ISO 9001 dan SNI ISO 370001 dari MUTU International kepada KJRI Osaka, urusan jaminan mutu maupun anti penyuapan, bukan hanya lazim di dunia swasta. Dunia swasta dituntut professional akibat didorong profesionalismenya oleh persaingan,” katanya.

Berita Terkait : Seminar Internasional Berbagi Pengalaman Regulasi di Asia

“Langkah yang ditempuh KJRI Osaka, diharapkan dapat diikuti lembaga-lembaga pemerintah, kementerian, BUMN dll, untuk menunjukkan kesiapan Indonesia bersaing dikancah internasional. Dengan makin banyaknya institusi-institusi di Indonesia yang menerapkan berbagai standar internasional, maka ekosistem persaingan akan meluas di negara kita," tambah Arifin. 

MUTU International memperluas cakupan pasar melalui pembukaan kantor-kantor cabang baik nasional maupun internasional yang terletak di Batam, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pangkalan Bun, Samarinda, Makassar, Jepang, China, Malaysia, dan Vietnam. [ARM]