Dark/Light Mode

Ajinomoto Edukasi Masyarakat, Tentang Gizi Seimbang

Kamis, 28 Januari 2021 08:26 WIB
Ajinomoto Edukasi Masyarakat, Tentang Gizi Seimbang

RM.id  Rakyat Merdeka - Permasalahan gizi seperti stunting, obesitas, dan kurangnya konsumsi makanan dengan gizi seimbang, selalu masih menjadi 3 permasalahan gizi utama di Indonesia, hal tersebut dikatakan pakar Gizi Dr. Johanes Chandrawinata Sp.Gk, MND,  pada webinar yang digelar PT AJINOMOTO INDONESIA bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), terkait momentum Hari Gizi Nasional 2021

“Pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh yang optimal dan pada saat yang sama juga menjaga serta memperbaiki kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sistem imun selalu aktif melaksanakan pengawasan, namun aktifitas nya meningkat jika individu terkena infeksi. Peningkatan aktifitas ini disertai peningkatan metabolisme, yang memerlukan sumber energi dan bahan untuk biosintesa dan molekul pengatur. Sumber energi dan bahan molekul pengatur ini tentunya berasal dari diet. Karena itu kecukupan asupan berbagai jenis zat gizi sangat penting untuk menunjang sistem imun berfungsi secara optimal,” ujar pria yang akrab disapa Dr. Jo tersebut.

Baca juga : Ajinomoto Bantu Permasalah Gizi di Indonesia

Dr jo menjelaskan, diet rendah garam menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degeneratif, dengan mencegah hal tersebut, peluang kita untuk menjaga sistem imun semakin tinggi. Sudah banyak penelitian tentang penurunan asupan natrium (garam). Contoh, Halim dkk dalam penelitian terbaru tahun 2020 dalam Journal of Food Science juga membuktikan peran MSG dalam menjaga rasa nikmat makanan walaupun kadar natrium nya dikurangi antara 30-60%. Dari penelitian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa penurunan asupan garam dapat dicapai tanpa harus mengorbankan cita rasa makanan dengan penambahan MSG secukupnya.

Menurut Dr. Jo, kampanye Pemerintah Indonesia terkait GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dan juga pembatasan GGL (Gula-Garam-Lemak), tidaklah cukup untuk mengentaskan permasalahan gizi di Indonesia.

Baca juga : FKG Usakti Ingatkan Masyarakat Jakarta Utara, Tingkatkan Kesehatan Gigi di Masa Pandemi

“Peran serta industri / pelaku bisnis dibidang makanan juga perlu ditingkatkan dengan membuat produk yang lebih sehat rendah gula, rendah garam, dan rendah lemak, namun tetap bercita-rasa tinggi demi ikut aktif menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Juga mendidik masyarakat agar bertambah pengetahuannya tentang makan yang lebih sehat menuju tubuh yang lebih sehat pula,” ungkap Dr. Jo

Sementara itu Public Relations Manager – PT AJINOMOTO INDONESIA, Katarina Larasati, Acara Webinar dari PT AJINOMOTO INDONESIA akan hadir kembali pada Februari 2021, yang diperuntukkan bagi kalangan dokter dan mahasiswa/i kedokteran.

Baca juga : Temui Menteri ATR, Apkasi Beri Masukan Tentang RPP Penataan Ruang

"Melalui webinar ini, PT AJINOMOTO INDONESIA berharap dapat mengedukasi para peserta tentang informasi gizi dengan fakta ilmiah, serta berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat" harap Katarina. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.