Dark/Light Mode

Aman, Berkhasiat Dan Halal

Masyarakat Tak Perlu Ragu Vaksin Keluaran Bio Farma

Rabu, 13 Januari 2021 05:19 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Covid-19. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 aman, berkhasiat dan halal. Masyarakat pun diminta percaya dengan segala upaya yang dilakukan Pemerintah demi mengatasi pandemi ini.

Mulai hari ini, Pemerintah akan memberikan vaksin Covid-19, yang diberi nama Corona­Vac. Selain Presiden Jokowi, para menteri juga akan disuntik di hari yang sama.

Baca juga : Kamis Besok, Kota Dan Kabupaten Semarang Serta Kota Surakarta Siap Jalankan Vaksinasi Perdana Covid-19

Setelah itu, tenaga kesehatan akan menjadi prioritas untuk disuntik vaksin Covid-19 sebe­lum masyarakat lainnya.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, pihaknya telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atas penggu­naan darurat (Emergency Use of Authorization/EUA), untuk Vaksin CoronaVac atau Inactivated SARS-COV 2 Single dose dari Sinovac untuk tenaga kesehatan, yang terse­bar di 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga : Saat Masyarakat Bosan Dan Abaikan Protokol Kesehatan

“Senin (11/1) izinnya sudah keluar. Alhamdulillah,” ucap Honesti di Jakarta, kemarin.

Perseroan juga berterima kasih kepada Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang te­lah mengaudit kesiapan Bio Far­ma mendistribusikan dan mem­produksi Fill and Finish vaksin Covid-19, sesuai kaidah syariah Islam. Denga begitu, umat Mus­lim di Indonesia dapat melaksana­kan vaksinasi dengan tenang.

Baca juga : Basarnas Perluas Radius Area Operasi Pencarian Sriwijaya Air

“MUI juga telah memberikan sertifikat halal baik untuk vaksin Covid-19 dalam bentuk produk jadi, maupun yang akan diproduksi sendiri oleh Bio Farma,” terangnya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Bio Farma Bambang He­rianto menambahkan, pihaknya sudah mendistribusikan vaksin 1,2 juta dosis ke 34 provinsi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.