Dark/Light Mode

Pasca Bencana, Kalangan Milenial Patungan Dirikan Masjid Di Palu

Sabtu, 6 Februari 2021 08:16 WIB
Pasca Bencana, Kalangan Milenial Patungan Dirikan Masjid Di Palu

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua tahun silam, bencana terburuk terjadi di Sulawesi Tengah, empat kota terdampak langsung, Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Pasca bencana masyarakat Indonesia ikut dalam aksi kemanusiaan salah satunya pembangunan Mesjid Al Istiqomah hasil patungan milenial akhirnya berdiri di Palu, Sulawesi Tengah. Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya masjid pada (05/02) oleh Walikota Palu, Hidayat. Peresmian juga dihadiri oleh Direktur Mobilisasi Zakat Infaq Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) Dompet Dhuafa, Doni Marlan.  Juga perwakilan milennial sekaligus musisi Indonesia yaitu V1mast dan Roby Geisha yang juga telah aktif mengajak anak muda bergabung dalam gerakan Millenial Bangun Masjid (MBM).

"Ini luar biasa ya, Millenial Bangun Masjid. Jadi anak muda tapi sangat peduli dengan masjid. Semoga MBM ini bisa sampai ke seluruh penjuru negeri," tukas Walikota Palu, Hidayat, dalam sambutannya.

Baca juga : Soal Rencana Kelanjutan Kompetisi Sepak Bola, LIB Dukung Langkah Kemenpora

Masjid Al-Istiqomah sendiri adalah masjid pertama yang berhasil dibangun dari progam Millenial Bangun Masjid (MBM). Progam yang diinisiasi dalam rangka mengajak anak muda bersama menolak stigma bahwa membangaun rumah ibadah adalah urusan orang tua. 

"Ini adalah kebanggaan  tersendiri bagi kami mewakili millenial di seluruh Indonesia. Kebetulan masjid ini diberi nama Al-Istiqomah yang berarti konsisten. Harapannya semoga MBM ini tetap konsisten membangun masjid di berbagai penjuru negeri," ujar V1mast sesaat sebelum prosesi peresmian.

Baca juga : BMKG: Jangan Panik, Jangan Kaitkan Ke Supranatural

Berawal dari gampa Palu pada 2018 lalu, masjid di Pondok Pesantrean Assyakur di. Jl. Lagarutu II, Palu rubuh tak tersisa. Padahal tempat tersebut menjadi lokasi utama warga untuk beribadah dan menimba ilmu agama. Dompet Dhuafa melalui Millenial Bangun Masjid berinisiastif untuk membangun kembali masjid di lokasi tersebut dibantu oleh musisi seperti V1mast dan Roby Geisha, akhirnya hari ini, Masjid Al-Istiqomah resmi berdiri. 

"Saya sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa. Masjid selain menjadi pusat ibadah warga sekitar, juga menjadi tempat kegiatan santri menyetor hafalan," terang Andi Toba, Ketua Pengurus Pesantren Assyukur Palu.

Baca juga : PLN Beri Kemudahan Ekosistem Kendaraan Listrik Di Indonesia

Dibangunnya masjid Al-Istiqomah ini diharapkan bisa memberikan pesan positif kepada anak muda lain di Indonesia untuk ikut bergabung dalam progam Millenial Bangun Masjid selanjutnya. Selain peresmian, ada juga penyaluran Al-Quran kepada santri Pesantren Assyukur dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Donggala dalam acara tersebut, pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.