Dark/Light Mode

Pengenalan Pra- Berhitung Pada Anak Mempengaruhi Kemampuan Motoriknya

Senin, 8 Maret 2021 17:53 WIB
Pengenalan Pra- Berhitung Pada Anak Mempengaruhi Kemampuan Motoriknya

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakuktas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan salah satu tri darma perguruan tinggi berupa Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) berupa pelatihan pengenalan Stimulasi Pra Berhitung pada guru dan orang tua secara daring bekerjasama dengan Pondok Pesantren Madinatunnajah pada (21/2) lalu.

Dosen Universitas Mercu Buana Prahastia Kurnia Putri, M.Psi, Psikolog  mengatakan, kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan pengetahuan baru terutama untuk para orang tua dan guru, seperti 6 tahapan berhitung, pengenalan media pra-berhitung yang digunakan untuk stimulasi berhitung anak, dan metode pengajaran yang sesuai tahap perkembangan anak untuk menstimulasi berhitung. 

Baca juga : Hilang 172 Tahun, Burung Pelanduk Kalimantan Kembali Ditemukan

"Dalam kegiatan ini orang tua dan guru mendapatkan wawasan dan pemahaman terkait stimulasi berhitung melalui keterampilan pra-akademik, serta pentingnya tahap-tahap perkembangan dan keterampilan pra-akademik untuk mematangkan kemampuan berhitung anak" tutur Prahastia.

Pada daring melalui zoom ini diikuti 47 orang yang terdiri dari guru dan orang tua murid serta  Ustzh. Nana selaku Pembina RA dan MI Madinatunnajah, Sobaruzzaman selaku Kepala Sekolah MI Madinatunnajah dan Suzana selaku Kepala RA Madinatunnajah, PPM ini merupakan rangkaian dari tiga materi sebelumnya yaitu  Pra -membaca, pra- menulis  dan  pra- menghitung kepada guru dan murid.

Baca juga : Peningkatan Kemampuan Orang Tua Tunggal Pada Anak Retardasi Mental

Kepala Sekolah RA Suzanti, S.Pd.I mengucapkan terimakasih atas pelatihan dan pengenalan pra- menghitung bagi guru dan murid oleh dosen Psikologi Universitas Mercu buana, " Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kembali kemampuan dan keterampilan guru dan orang tua pada anak dan muridnya" tuturnya.

Dengan judul "Pelatihan Pengenalan stimulasi pra- menghitung kepada guru dan murid“, Prahastia Kurnia Putri berharap guru-guru dan orang tua murid di RA dan MI Pesantren Madinatunnajah menjadi pengingat untuk melatih kembali kemampuan dan keterampilan motorik anak pra-akademis pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.