Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (1)

Memahami Hakekat Masjid (2)

Rabu, 10 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sujud jenis kedua diamalkan para malaikat setelah mer­eka mempertanyakan kebijakan Allah SWT akan rencana Allah SWT untuk mencip­takan manusia seba­gai khalifah di bumi, kemudian mereka menyesal sambil menyatakan: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S Al-Baqarah/2:32).

Baca juga : Memahami Hakekat Masjid (1)

Ungkapan merendah ini bisa dimaknai sebagai salah satu jenis sujud. Tentu sujud khusus juga dilakukan para makhluk Allah SWT yang lain, sebagaimana disebutkan dalam ayat: Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barang siapa yang dihinakan Allah, maka tidak seorang pun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Haj/22:18).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.