Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandemi Covid-19, Tumbuhkan Kepedulian Mahasiswa Pada Lingkungan

Jumat, 12 Maret 2021 21:30 WIB
Pandemi Covid-19, Tumbuhkan Kepedulian Mahasiswa Pada Lingkungan

RM.id  Rakyat Merdeka - KKN Mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Pancasila pada Bulan Februari 2021,  mendorong mahasiswa untuk lebih dekat dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini disampaikan oleh Kepala LPPM UP, Dra. Hj. Dewi Trirahayu, MM pada saat penutupan program KKN.


 Lebih lanjut dijelaskan “KKN yang menyasar langsung kepada masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam mendorong kerjasama yang setara antar perguruan tinggi dan kelompok masyarakat, serta dapat meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masalah sosial, ekonomi dan kemasyarakatan khususnya terkait pandemi COVID-19. Oleh karena itu program KKN Mandiri mengambil tema “Penekanan laju Penularan COVID-19 dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terdampak Pandemi COVID 19”

Baca juga : Usai Pandemi Covid-19, Bidang Humas Diprediksi Tetap Adopsi Teknologi Digital

Harapan Universitas Pancasila dalam menetapkan KKN Mandiri selama pandemi COVID-19, adalah selain agar tidak terjadi penundaan kegiatan kuliah selama masa pandemi, juga untuk mendorong mahasiswa lebih sensitif pada kebutuhan masyarakat sekitar.  Dewi menjelaskan “bahwa apabila selama ini KKN selalu identik dengan mahasiswa pergi ke tempat yang jauh untuk membantu suatu masyarakat, maka selama masa pandemi ini dapat digunakan untuk melihat kebutuhan masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal mahasiswa. Dan walaupun dilakukan pada lingkungan terdekat, kegiatan KKN ini tetap menerapkan IPTEKS dan dilakukan dengan menerapkan kerjasama antar disiplin ilmu sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kreatfitas dalam  mengimplementasikan hasil riset dengan merujuk pada Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT).”

Pelaksanaan program KKN kali ini diikuti oleh 56 mahasiwa yang tersebar di daerah Jabodetabek, Sukabumi, Brebes dan Lampung. Para mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembimbing KKN serta Satgas KKN UP perwakilan dari setiap Fakultas, yang bertugas untuk mengkoordinir penempatan mahasiswa peserta KKN di lokasi, membimbing mahasiswa dalam pembentukan struktur organisasi dan penyusunan program kerja di lokasi KKN, dll. 

Baca juga : Pandemi Covid-19 Bikin Menko Airlangga Lihai Ngegas Dan Ngerem

Hasil program ini antara lain adalah edukasi pencegahan COVID 19 antara lain dengan menggunakan media poster. Meningkatkan imunitas tubuh dengan memanfaatkan tanaman herbal  yang disampaikan mahasiswa dengan menggunakan video, sehingga bisa diteruskan melalui media sosial dan diputar ulang. Adapun mengangkat kegunaan tanaman herbal  yang ada di sekitar masyarakat juga ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kekayaan alam Indonesia, sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.  [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.