Dark/Light Mode

Beli Kreatif Danau Toba Berdayakan UMKM

Selasa, 30 Maret 2021 11:24 WIB
Beli Kreatif Danau Toba Berdayakan UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam meningkatkan kembali ekonomi sektor pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  terus berupaya memberdayakan pelaku ekonomi kreatif dengan program digitalisasi UMKM melalui Kampanye Beli Kreatif Danau Toba, Sumatera Utara salah satu contoh digitalisasi pelaku ekonomi kreatif dalam memasarkan produk dan memperluas pasar dibantu melalui marketplace dan e-commerce. 

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti dalam keterangan tertulisnya mengatakan Kegiatan Beli Kreatif Danau Toba sudah berlangsung sejak 20 Februari 2021 hingga Juni 2021 dan merupakan bagian dari Gerakan  Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021. Beli Kreatif Danau Toba diikuti 200 pelaku ekonomi kreatif, menghadirkan beragam produk kreatif seperti 121 kuliner, 29 produk fesyen dan 50 kriya. Selain itu digitalisasi pelaku ekonomi kreatif akan menambah wawasan pelaku kreatif dalam pemasaran produk mereka. 

Baca juga : Literasi, Kekuatan Besar Ciptakan SDM Unggul

"Banyak benefit yang akan didapatkan dalam program Beli Kreatif Danau Toba Artisanal 200 peserta ini, tidak hanya soal pelatihan, melainkan akan difasilitasi untuk iklan di Facebook, Instagram dan membuka kesempatan ekspor yang bekerjasama dengan Dirjen Bea Cukai. Pembebasan pajak dapat dilakukan kalau ada program PEN  (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari pemerintah dalam pengurusan pajak. 

"Ditambah kita akan mendampingi juga, dengan berbagai macam fasilitas lainnya. Salah satunya ongkos kirim gratis, yang sedang kita formulasikan dengan PT. Pos Indonesia, kemudian tentunya yang paling penting dengan marketplace, antara lain; bagaimana hadir di marketplace (onboarding) untuk meningkatkan omset dari peserta,” jelas Yuana Rochma,  (26/3).

Baca juga : Vokraf Dan Rumah BUMN Beri Pelatihan UMKM Go Digital

Menurut Yuana, ada 200 pelaku kreatif yang berpartisipasi dalam Beli Kreatif Danau Toba mewakili pelaku kreatif dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara yang sebelumnya telah diriset berdasarkan target pelaku ekraf dan buyers. Beli Kreatif Danau Toba juga ditujukan untuk promosi dan meningkatkan daya beli produk lokal. Untuk informasi dan progress program Beli Kreatif Danau Toba dapat dilihat pada sosial media Instagram & Facebook Page @belikreatiflokal dan website www.belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id. tutupnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.