Click Here

Dark/Light Mode

HR Excellence Award 2021 Apresiasi Manajemen SDM Terbaik di Tengah Pandemi

Sabtu, 21 Agustus 2021 07:40 WIB
Ist
Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - SWA bekerja sama dengan LMFEB Universitas Indonesia dan SWANETWORK sebagai mitra kembali menggelar HR Excellence Award 2021.

Ketua LMFEB Universitas Indonesia, Willem A. Makaliwe, dalam keterangan tertulisnya mengatakan secara umum kualitas peserta kompetisi HR Excellence 2021 lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang tahun sebelumnya merupakan front-runner, kini harus bersaing ketat dengan peserta lain. Peserta yang tahun sebelumnya dinilai memiliki sejumlah kekurangan, kini menunjukkan telah mampu menginternalisasi dan mempraktikkan masukan dari Dewan Juri. Selain itu, ada pula wajah-wajah baru yang turut memperketat persaingan.

Berita Terkait : HUT Ke-76 RI, Menpora: Semoga Indonesia Makin Kuat Dan Terbebas Dari Pandemi

Ada hal-hal menarik di tengah situasi Covid-19 yang tidak nyaman bagi para peserta, khususnya finalis HR Excellence 2021, terungkap bahwa sekalipun tantangan bertambah besar, kesempatan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas SDM justru kian menemukan momentumnya di tengah pandemi.

“Setidaknya, ada dua hal menonjol terkait isu tersebut. Pertama, pola kerja work from home (WFH) dan work from anywhere (WFA) membuat metode e-learning dalam menggembleng talenta kian mendapatkan momentum. E-learning yang semula sering parsial karena lebih banyak orang yang belajar langsung melalui ruang-ruang kelas, kini semakin menjadi kultur pada banyak perusahaan dan ditengarai menjadi pilihan utama pada tahun-tahun mendatang,” jelas Kemal Effendi Gani, Group Chief Editor SWA.

Berita Terkait : Presiden Puji Terobosan Lembaga Hukum Di Tengah Pandemi

Isu kedua, yang juga makin mendapatkan momentum adalah digital recruitment. Kini, kanal untuk merekrut karyawan secara digital lebih mendapat tempat daripada masa sebelumnya sehingga dieksplorasi seoptimal mungkin, termasuk dalam adopsi digitalisasi berbagai pekerjaan HR yang sudah semakin masif dan berjalan sangat efektif di berbagai korporasi di Indonesia.

Selain mampu menjaring temuan-temuan menarik dalam hal praktik dan tren baru bidang HR di kalangan peserta, penjurian HR Excellence Award 2021 juga berhasil memilih perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia yang unggul dalam pengelolaan HR. Para juara HR itu menang dalam bidang HR yang dipertandingkan, yakni bidang Learning and Development, Reward Management & Talent Retention, Talent Acquisition, Managing Transformation, HR Digitalization & People Analytics, dan Knowledge Management.

Berita Terkait : Menteri Siti Kembali Pertahankan Opini WTP 4 Kali Beruntun Di Tengah Pandemi

Ajang seleksi tahun ini ini diikuti 35 perusahaan yang terbagi dalam lima sektor bisnis, yakni keuangan-bank, perdagangan dan jasa, keuangan nonbank, telekomunikasi dan media, serta sektor manufaktur. Para peserta diseleksi oleh tim juri yang kompeten di bidang HR pada 22-23 Juni 2021. (ARM)