Dark/Light Mode

Puji Festival Kreatif Lokal Adira Finance

Kemenparekraf: Menginspirasi Dan Bisa Dicontoh

Sabtu, 25 September 2021 12:40 WIB
FKL kolaborasi Adira Finance dengan Kemenparekraf. (Foto: Ist)
FKL kolaborasi Adira Finance dengan Kemenparekraf. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 yang diinisiasi Adira Finance disambut antusias banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Meski kegiatan ini terbatas di lima Destinasi Super Prioritas (DSP), namun pendaftar tidak hanya 10 atau 20 peserta. Melainkan, lebih dari 200!

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi mengungkapkan, lima DSP Pariwisata Indonesia itu yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang dan Mandalika.

Baca juga : Berstatus ASN Kemenpora, Prestasi Greysia/Apriyani Dan Eko Yuli Patut Dicontoh

Kegiatan bertajuk #TumbuhBersamaSahabat ini merupakan hasil kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperakraf).

"Sejak pendaftaran dibuka pada 1 September 2021, sebanyak 223 pelaku UKM dari kategori bidang usaha fashion, kuliner, dan kriya telah mengikuti seleksi tahap awal Festival Kreatif Lokal 2021," katanya, dalam keterangan pers secara virtual Jumat (24/9).

Swandajani Gunadi mengatakan, melalui program ini, pihaknya bersama Kemenparekraf mencari local heroes.

Baca juga : Partai Prima Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Dan Bansos

Mereka adalah para UKM lokal di bidang fashion, kriya, dan kuliner, yang tidak hanya mampu bertahan di masa pandemi, tetapi juga memiliki motivasi untuk dapat tumbuh lebih besar.

UKM yang mendaftar di FKL 2021 menjadi representasi terkini dari wajah UKM di sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

"Mereka berkesempatan meningkatkan skala bisnis dan membangun ekosistem bisnis bersama swasta maupun pemerintah," imbuhnya.

Baca juga : PPKM Darurat, Kemenparekraf Bantu Distribusi Tabung Oksigen

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti memandang kolaborasi dengan Adira Finance untuk UKM ini sangat baik.

"Ini diperlukan untuk memompa semangat dalam upaya meningkatkan kualitas UKM di lima DSP Pariwisata Indonesia," tuturnya.

Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan keniscayaan dalam pengembangan bisnis UKM di sektor pariwisata. Tujuannya, agar pelaku usaha kecil lebih adaptif, kolaboratif, sekaligus inovatif, demi mendukung perekonomian nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.