Dark/Light Mode

Puji Festival Kreatif Lokal Adira Finance

Kemenparekraf: Menginspirasi Dan Bisa Dicontoh

Sabtu, 25 September 2021 12:40 WIB
FKL kolaborasi Adira Finance dengan Kemenparekraf. (Foto: Ist)
FKL kolaborasi Adira Finance dengan Kemenparekraf. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menurut Yuana, FKL 2021 merupakan salah satu bentuk nyata kolaborasi pemerintah dan swasta (public private partnership), yang mendukung pertumbuhan UKM Indonesia, khususnya di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia. 

"Diharapkan inisiatif dari Adira Finance dapat menjadi contoh yang baik dan menginspirasi private sector lainnya," tutur Yuana.

Para pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjalani sejumlah kegiatan. Setelah mendaftar, mereka akan langsung diseleksi sehingga diperoleh masing-masing 50 UKM di setiap DSP Pariwisata Indonesia.

Baca juga : Berstatus ASN Kemenpora, Prestasi Greysia/Apriyani Dan Eko Yuli Patut Dicontoh

Mereka selanjutnya akan mendapatkan materi untuk meningkatkan soft skill melalui aktivitas coaching camp oleh Prasetiya Mulya ELI.

Kemudian, dari 50 peserta tersebut, akan dipilih 3 UKM local hero dari masing-masing kategori usaha Fashion, Kuliner, dan Kriya di setiap DSP Pariwisata Indonesia.

Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan Ecamp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Baca juga : Partai Prima Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Dan Bansos

Selain itu, 9 UKM local hero ini akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari 5 tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri. Sebagai Anggota Dewan Juri yakni Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; serta, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Rangkaian pelatihan dan penghargaan yang diberikan kepada para peserta Festival Kreatif Lokal 2021, diharapkan memberikan dampak secara berkelanjutan bagi pelaku UKM, sehingga melahirkan produk ekonomi kreatif lokal bercita rasa internasional.

Baca juga : PPKM Darurat, Kemenparekraf Bantu Distribusi Tabung Oksigen

Selain itu, UKM yang menjadi local hero dapat tumbuh menjadi ikon bagi para UKM, serta menjadi destinasi utama saat wisatawan berwisata ke 5 DSP Pariwisata Indonesia. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.