Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

40 Tahun YJI, Luncurkan Buku dan Gelar Pameran Virtual

Selasa, 9 November 2021 20:04 WIB
40 Tahun YJI, Luncurkan Buku dan Gelar Pameran Virtual

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) telah memasuki usia 40 tahun pada tahun 2021 ini. Momen tersebut dirayakan dengan peluncuran buku “Berdetak 4 Dekade Yayasan Jantung Indonesia”. Berbentuk coffee table book, buku tersebut dimaknai sebagai literasi dalam mengulas kembali sejarah pendirian dan perjalanan YJI.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Esti Nurjadin dalam keterangannya mengatakan, Buku ini dibuat pada saat terjadinya pandemi COVID-19, bekerja sama dengan Adhvan Media sebagai penerbit buku. Proses pembuatan buku ini dijadikan momentum untuk penggalangan dana dalam rangka tindakan kuratif dan rehabilitatif bagi pasien dengan penyakit jantung bawaan dari keluarga pra sejahtera. Diinisiasi oleh Didit Hediprasetyo sebagai Creative Director dari Adhvan Media, proses pembuatan buku dimulai dengan mengundang para seniman kontemporer dan perancang busana untuk mendonasikan karya bertema “jantung”.

Baca juga : Mitsubishi Luncurkan New Xpander, Ini Perubahannya

Dengan mengusung tema “Show Your He(art)” dan mengedepankan semangat kolaborasi, pembuatan buku tersebut didukung oleh 11 seniman kontemporer dan 16 perancang busana dan perhiasan. Berkat dukungan para seniman dan desainer, terkumpul lah sejumlah total 48 karya. Selain ditampilkan ke dalam buku, karya-karya tersebut juga dipresentasikan ke dalam pameran tertutup berjudul “Berdetak: 4 Dekade Yayasan Jantung Indonesia” di Museum Nasional Indonesia. Hingga saat ini, donasi karya telah dapat membantu kurang lebih 20 anak dengan cacat jantung bawaan dari keluarga pra sejahtera, dalam bentuk bantuan deteksi dini, kuratif, dan rehabilitatif.

Pameran tertutup tersebut juga dimanfaatkan untuk rekaman pameran virtual, yang mulai 9 November 2021 dapat dinikmati oleh publik melalui https://inaheart.or.id/40TahunYJI.

Baca juga : Mulai Besok, Amerika Buka Pintu Perbatasan Darat Dan Udara

Selain itu, lanjut Esti, untuk pertama kalinya, Kepengurusan Yayasan Jantung Indonesia, juga meluncurkan “Heart Award” yang pertama kalinya diluncurkan bersamaan dengan perayaan ulang tahun YJI ke-40. Heart Award ini dianugerahkan pada satu institusi dan satu individu yang dinilai berjasa dalam perjalanan YJI. Penerima Heart Award tahun 2021 ini adalah Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dan Ibu Suhardani Arifin. Adapun desain trophy Heart Award ini didesain atas kerja sama pengurus YJI dengan seniman Taufan AP.

Sejak awal didirikan, YJI mengusung misi untuk membantu masyarakat, terutama mereka yang berasal dari kalangan kurang mampu, agar bisa mendapatkan akses medis maupun finansial demi keselamatan dan kesehatan jantung. Tercatat hingga bulan Agustus 2021, YJI telah memberikan bantuan kuratif dan rehabilitatif bagi 2.175 pasien dengan penyakit jantung dari keluarga pra sejahtera. "Hal tersebut tentu saja merupakan hasil jerih payah seluruh komponen YJI dalam hal penggalangan dana, serta dukungan dari para donatur, sehingga berbagai program promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dapat berjalan dengan baik,” ujar Esti Nurjadin.

Baca juga : Sambut Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Guru, Nakes, Dan Veteran Naik Kereta

Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari usaha YJI sebagai organisasi nirlaba dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama ketika memasuki era pandemi COVID-19. "Keterbatasan dalam berbagai kegiatan selama pandemi mendorong YJI untuk lebih kreatif dalam mendesain program penggalangan dana agar sesuai dengan kebiasaan baru atau new normal," pungkas Esti. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.