Dark/Light Mode

AS-Indonesia Tilik Capaian Penanggulangan Korupsi

Rabu, 17 November 2021 18:18 WIB
Direktur USAID Ryan Washburn. (Foto: Ist)
Direktur USAID Ryan Washburn. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Bersama dengan para mitra tersebut, USAID mempromosikan upaya berbasis data untuk meningkatkan penuntutan dan penanganan kasus korupsi, memastikan konsistensi yang lebih tinggi dalam pengambilan keputusan peradilan melalui pendekatan inovatif.

Tidak hanya itu. USAID juga membantu meningkatkan inisiatif pendidikan anti korupsi, memperkuat permintaan publik akan akuntabilitas, dan juga mengembangkan otomatisasi solusi yang memanfaatkan teknologi informasi (IT) untuk penyimpanan catatan peradilan, penelitian hukum, pelatihan, dan fungsi administratif lainnya.

Baca juga : Ini 23 Pemain Yang Diangkut Singo Edan Ke Yogyakarta

Solusi IT memungkinkan Pemerintah Indonesia dengan mudah beralih melakukan pekerjaan dan implementasi anti-korupsi secara daring selama pandemi Covid-19.

USAID mendukung peningkatan sistem penanganan pengaduan nasional unggulan Indonesia (SP4N-LAPOR!), menghubungkan lebih dari 658 lembaga pemerintah (kementerian, lembaga, pemerintah kabupaten/kota, dan unit layanan publik) ke dalam satu sistem, dan memungkinkan masyarakat untuk memiliki akses dan keterlibatan yang lebih besar dengan pemerintah.

Baca juga : Lawan Persib Jadi Momentum Macan Kemayoran Bangkit

Ke depan, USAID akan terus mendukung upaya Indonesia dalam memajukan tindakan pencegahan praktik-praktik korupsi dan kapasitas pengawasan yang lebih baik dari pihak pemerintah Indonesia untuk memantau dan mencegah korupsi.

USAID juga akan mendukung jejaring OMS yang lebih mumpuni dan dihormati untuk memberikan pengawasan yang lebih besar terhadap perilaku dan kinerja pemerintah.

Baca juga : Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

USAID adalah badan pembangunan internasional terkemuka di dunia dan memimpin pembangunan internasional serta upaya kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa, mengentaskan kemiskinan, memperkuat tata kelola pemerintahan yang demokratis, dan membantu negara-negara mencapai kemandirian dan ketangguhan.

Selama lebih dari 20 tahun, Pemerintah AS melalui USAID telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia untuk memperkuat pemerintah Indonesia dalam upaya memerangi korupsi di Indonesia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.