Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Panglima TNI Dilantik Hari Ini

Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

Rabu, 17 November 2021 08:40 WIB
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Jenderal Andika Perkasa akan dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Karena masa jabatannya akan tuntas tahun depan atau dua tahun jelang Pilpres 2024, Andika diprediksi akan masuk deretan capres potensial. Bahkan, kalau PDIP mau, bisa saja “mengawinkan” Andika dengan Puan Maharani. Jika perkawinan ini terwujud, bisa diprediksi, duet ini akan jadi pasangan kuat.

Kepastian pelantikan Andika sebagai Panglima TNI disampaikan langsung Presiden Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, Lebak, Banten, kemarin. Pelantikan Andika akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

“Pelantikan Panglima, Insya Allah besok Rabu (hari ini),” kata Jokowi saat ditanya awak media soal pelantikan Jenderal Andika.

Baca juga : Hari Baik Untuk Andika Masih Dicari Presiden

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono juga memastikan, pelantikan Andika bakal digelar hari ini. Bukan hanya Andika, Jokowi juga akan melantik para duta besar terpilih.

“Selain pelantikan Panglima TNI, akan ada pelantikan dubes-dubes,” ucap Budi, di Jakarta, kemarin.

Namun, berdasarkan pesan singkat yang beredar di grup wartawan, di hari yang sama, Jokowi dikabarkan akan melantik juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pengganti Jenderal Andika. Menurut sumber itu, perwira yang akan dilantik sebagai KSAD adalah Letjen Dudung Abdurrahman yang saat ini menjabat sebagai Pangkostrad. Satu lagi, Jokowi juga akan melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Ganip Warsito yang akan pensiun 22 November mendatang.

Baca juga : Pelantikan Andika Perkasa Minggu Depan, Jokowi Masih Cari Hari Baik

Seperti diketahui, langkah Andika menjadi Panglima TNI berjalan mulus di DPR. Usai Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI di serahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Senayan, Rabu (3/11), DPR langsung bekerja memuluskan jalan Andika.

Uji kelayanan dan kepatutan yang digelar Komisi I DPR pada Sabtu (6/11), nyaris tanpa gangguan. Semua fraksi di DPR, baik dari koalisi pemerintah maupun kalangan oposisi, sepakat meloloskan Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Begitupun saat DPR menggelar sidang Paripurna, Senin (13/11) untuk membawa hasil uji kelayakan dan uji kepatutan yang dilakukan Komisi I DPR. Sidang yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani itu, langsung mengetuk palu, tanda Andika sah sebagai Panglima TNI dan memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.