Dark/Light Mode

Bersama Menteri BUMN, Menhub Lepas Peserta Mudik Bareng BUMN 2019

Kamis, 30 Mei 2019 14:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) dan Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) melepas kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (30/5). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) dan Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) melepas kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (30/5). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri pelepasan BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H/2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (30/5). Dalam acara tersebut, menteri yang akrab disapa BKS menyampaikan apresiasi kepada BUMN yang memberangkatkan 250.000 lebih pemudik ke kampung halaman, dengan berbagai moda transportasi semisal bus, kapal laut dan kereta api.

"Saya begitu bangga datang ke sini, Ibu Rini bisa mengumpulkan jumlah pemudik yang luar biasa. Tentunya, ini menjadi respon yang baik atas ajakan Bapak Presiden, agar mudik kali ini harus lebih baik. Sesuai tagline kita tahun ini, yaitu Mudik Bareng, Asyik Lancar," ujarnya.

Baca juga : Menteri Rini Lepas 250.474 Pemudik, Mudik Bareng BUMN 2019 Cetak 2 Rekor MURI

BKS mengatakan, peran BUMN dan swasta dalam melaksanakan mudik gratis kepada masyarakat, memang sangat diperlukan. Sebab, pemerintah tidak mungkin melakukan kegiatan mudik bareng ini sendirian. "Karena itu, marilah kita bersama memantau dan mendukung program mudik ini," ucap BKS.

Terkait hal ini, Menteri BUMN Rini Sumarno menjelaskan, program mudik bareng ini juga diselenggarakan untuk memastikan unsur keselamatan dan kenyamanan dalam kegiatan pulang kampung rutin tahunan tersebut. Untuk itu, Kementerian BUMN juga punya program mudik untuk 18.000 motor gratis, dengan menggunakan kereta api.

Baca juga : Didampingi Menteri BUMN, TelkomGroup Antar 8.250 Pemudik Pulang Kampung

"Jadi, tujuannya ini tidak terlepas kita ingin mengurangi jumlah pemudik yang naik motor, supaya insya Allah keselamatan lebih terjaga," jelasnya.

Sebagai informasi, Program Mudik Bareng BUMN ini didukung oleh 104 perusahaan BUMN, dan diikuti oleh 250.000 lebih penumpang yang tersebar dengan berbagai moda transportasi. BUMN menyediakan 3.900 armada bus, 176 unit kapal laut, dan 186 gerbong kereta api.

Baca juga : Pupuk Kaltim Lepas Ribuan Peserta Mudik Bareng BUMN 2019

Bahkan, Kementerian BUMN juga menyediakan mudik via pesawat kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ada di luar negeri. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.