Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandiaga Uno Beri Bantuan Alat Pertukangan Untuk Desa Wisata

Sabtu, 20 November 2021 10:11 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terharu mendengar perjuangan sanggar Dlloid yang ada di Desa Wisata Tipang terletak di kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dalam upaya melestarikan kesenian alat musik tradisional sehingga tetap dicintai dan dilestarikan.

Sandi menyatakan, saat ini sudah sangat sulit mencari masyarakat yang mau melestarikan budaya asli bangsa ini. Karena itu, dia bangga dengan sanggar Dlloid yang masih melestarikan alat musik khas batak hingga saat ini.

Baca juga : Pemerintah Tak Larang Mudik Tapi Sebaiknya Di Rumah Saja

"Ini adalah salah satu upaya dalam mengangkat budaya dan musik memang menjadi khas suatu daerah," ujar Sandi, dalam siaran pers, Sabtu (20/11).

Eks wakil gubernur DKI Jakarta ini mengaku sudah mencari tahu tantangan yang dimiliki desa dalam mengembangkan paket wisata dan pembukaan lapangan pekerjaan. Hasilnya, dia mendapatkan informasi, desa sangat membutuhkan alat-alat pertukangan. Di antaranya, bor listrik, alat ampelas, ketam listrik, alat pemotong kayu, dan lainnya.

Baca juga : Terra Drone Bantu Percepat Pengerjaan Proyek Tol Cisumdawu

Karena itu, Mas Menteri, saapan akrab Sandi, ingin memberikan alat-alat tersebut. Sandi berharap, dengan bertambahnya alat-alat ini, Sanggar Dlloid, para pengurus pokdarwis, serta anak-anak muda di Desa Wisata Tipang semakin bersemangat melestarikan alat musik tradisional batak, dan memperkenalkannya.

Tidak hanya ke seluruh Indonesia, tetapi juga kepada dunia. "Kita harapkan ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa bangkitkan ekonomi masyarakat dan desa," tutup Sandi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.