Dark/Light Mode

Verawaty Fajrin Berpulang, Jokowi Pasang Foto Kenangan Terima Obor Asian Games 2018

Minggu, 21 November 2021 09:10 WIB
Kenangan Presiden Jokowi saat menerima obor Asian Games 2018 dari legenda bulutangkis Verawaty Fajrin di Istana Negara Jakarta. (Foto: Twitter)
Kenangan Presiden Jokowi saat menerima obor Asian Games 2018 dari legenda bulutangkis Verawaty Fajrin di Istana Negara Jakarta. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya legenda bulutangkis Indonesia, Verawaty Fajrin di RS Kanker Dharmais Jakarta, Minggu (21/11).

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas berpulangnya legenda bulutangkis putri Indonesia, Ibu Hj. Verawaty Fajrin, pagi ini, di Jakarta. Semoga amal ibadah almh. mendapatkan ganjaran yang setimpal dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan kuat dan sabar," tulis Jokowi melalui akun Twitter-nya, Minggu (21/11).

Dalam postingan itu, Jokowi memasang foto kenangan saat menerima obor Asian Games 2018 dari Verawaty di Istana Negara, Jakarta pada 17 Agustus 2018.

Seperti diketahui, pemerintahan Jokowi telah memberikan bantuan dan perhatian terbaiknya dalam pengobatan Verawaty.

Pada 20 September 2021, Presiden Jokowi memberikan bantuan dana Rp 100 juta kepada Verawaty, yang disampaikan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, di RS Dharmais, Jakarta.

Baca juga : Percepat Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Libatkan Milenial Dan Gen Z

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta Menteri Kesehatan (Menkes) untuk memastikan terjaminnya perawatan Verawaty.

“Bapak Presiden telah meminta Menpora untuk menanggung biaya pengobatan serta perawatan Ibu Verawaty. Selain itu, Bapak Presiden juga meminta kepada Menteri Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Ibu Verawaty,” ujar Heru.

Sebagai tindak lanjut arahan Bapak Presiden, tidak lama setelah Kepala Sekretariat Presiden ke RS Dharmais, Menpora Zainudin Amali juga menjenguk Verawaty.

“Kami datang ke RS Dharmais ini, secara khusus menyampaikan salam juga dari Bapak Presiden kepada Ibu Verawaty,” kata Menpora dalam jumpa pers, didampingi Direktur Utama RS Dharmais Suko Nindito dan Fajrin, suami Verawaty.

Perawatan Verawaty di RS Dharmais ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) turut mengupayakan perawatan terbaik untuk Verawaty. Salah satunya dengan mengubah status anggota BPJS miliknya dari kelas 2 menjadi kelas 1.

Baca juga : Candra Wijaya Jadi Pelatih Sang Putra Wintan Di Indonesia Mastets 2021

Selain memastikan bahwa Verawaty akan mendapatkan perawatan terbaik, Gatot juga memastikan bahwa Kemenpora dan Kementerian Kesehatan terus berkoordinasi untuk membantu perawatan Verawaty.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum, Organisasi, dan Humas RS Kanker Dharmais Anjari Umarjianto menyampaikan bahwa pihaknya menaruh perhatian khusus dan memberikan fasilitas terbaik untuk legenda bulu tangkis Indonesia ini.

“Kami menaruh perhatian khusus kepada pasien, dan memberikan fasilitas terbaik dari apa yang RS ini miliki untuk Ibu Verawaty,” ucap Anjari.

Verawaty Fajrin yang terlahir dengan nama Verawaty Wiharjo pada 1 Oktober 1957, merupakan seorang atlet bulu tangkis Indonesia yang terkenal di era 1980-an.

Ia pernah Juara Tunggal Putri Kejuaraan Dunia 1980, medali emas Ganda Putri Asian Games 1978 dan Juara Ganda Putri All England 1979 bersama Imelda Wiguna, hingga Juara Ganda Campuran World Cup 1986 bersama Eddy Hartono.

Baca juga : Astra Financial & Logistic Patok Kenaikan Transaksi Di GIIAS 2021

Verawaty juga turut membawa obor Asian Games 2018 dan menyerahkannya langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2018. Sehari menjelang pembukaan penyelenggaraan Asian Games 2018. [HES]

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.