Dark/Light Mode

Jokowi: Kekayaan Alam Harus Dijaga, Jangan Dieksploitasi Berlebihan

Senin, 22 November 2021 14:02 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Nasional Geopark II yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Nasional Geopark II yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengingatkan tentang pentingnya konservasi kawasan, sebagai bentuk perlindungan terhadap kekayaan alam Indonesia.

Sebagai negara yang terletak di jalur ring of fire, Indonesia memiliki banyak geopark yang tersebar di seluruh Tanah Air. Ada Geopark Batur - geopark pertama di Indonesia yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2012-, ada Gunung Sewu, Cileuteuh, Gunung Rinjani, Danau Toba dan sebagainya.

Baca juga : Moeldoko: Petani Harus Pintar Cari Peluang, Jangan Tergantung Bantuan

"Warisan alam yang indah ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang perlu kita jaga, kita lindungi, dan manfaatkan sebaik-baiknya dengan melakukan konservasi kawasan. Melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh, tidak serta-merta mengalami kerusakan. Menjaga warisan geologi, geoheritage serta nilai-nilai di dalamnya seperti arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya. Sehingga, bisa terus diwariskan kepada generasi yang akan datang," papar Jokowi dalam Konferensi Nasional Geopark Indonesia II yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11).

Jokowi menambahkan, geopark bukanlah sekadar tempat konservasi. Lebih dari itu, geopark juga bisa dijadikan tempat edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata. Sehingga, terjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Gelar Rakor, Kepala BNPB Banjir Di Kalteng Jangan Sampai Terulang

Kawasan geopark adalah tempat belajar tentang warisan bangsa dan dunia. Belajar tentang keragaman geologi, belajar tentang keragaman hayati, serta belajar tentang keragaman budaya.

"Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki, harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan tidak dieksploitasi secara berlebihan. Bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem. Sehingga tetap terjaga dengan lestari,  menjadi kebangsaan bangsa dan negara,” tegas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.