Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi: Geopark Cocok Dengan Tren Pariwisata Saat Ini

Senin, 22 November 2021 14:22 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Nasional Geopark Indonesia II, yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11)). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Nasional Geopark Indonesia II, yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11)). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, geopark bukanlah sekadar tempat konservasi. Lebih dari itu, geopark juga bisa dijadikan tempat edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata. Sehingga, dapat terjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, geopark juga bisa dikembangkan menjadi tempat geowisata yang menarik. Wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan alam, tetapi juga bisa terlibat dalam konservasi lingkungan.

Baca juga : DJ Rean, Kawinkan Musik Modern Dengan Instrumen Tradisional Batak

“Saya melihat, geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini, di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism,” ujar Jokowi dalam acara Konferensi Nasional Geopark Indonesia, yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11)). 

Jokowi menilai, setiap geopark dinilai memiliki keunikan tersendiri yang perlu diangkat, selain dari sisi geologi daerah, vulkanik, flora dan fauna endemik, serta budaya masyarakat yang berada di kawasan Geopark.

Baca juga : Jokowi Minta Pertamina Dan PLN Siapkan Transisi Energi

“Hal yang perlu diperkuat adalah story, narasi di setiap geopark. Misalnya, story tentang gunung Purba, letusannya di masa lalu, dan juga perjalanan peradaban di sekitar geopark,” katanya.

Jokowi menyebut kunci utama yang menentukan keberhasilan pengembangan geopark adalah tata kelola yang makin baik. Tata kelola harus terus diperbaiki, dengan melibatkan pegiat geopark, akademisi, dan masyarakat sekitar.

Baca juga : Belanda Dukung Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba

"Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan konkret yang menyeimbangkan antara konservasi dengan ekonomi. Saya berharap, semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi geopark. Sekaligus memperkuat upaya untuk masyarakat sekitarnya, untuk mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata. Sehingga, masyarakat mendapatkan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan," pungkas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.