Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gempa Muncul Di Mana-mana

Tanda-tanda Apa Ini...

Senin, 8 November 2021 07:50 WIB
Ilustrasi gempa. (Foto: Getty Images)
Ilustrasi gempa. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain banjir dan tanah longsor, bencana berupa gempa bumi juga melanda sebagian wilayah Indonesia. Mulai dari gempa kecil, hingga gempa dengan kekuatan cukup kencang. Ya Allah, tanda-tanda apa ini...?

Kemarin saja, gempa berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Sehari sebelumnya, gempa mengguncang Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku hingga Maluku Utara.

Baca juga : Ancaman Bencana Belum Sampai Puncaknya, Waduh!

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang melanda Padang Sidempuan terjadi pukul 18.29 wib. Pusat gempa berada di laut 141 kilometer (km) Barat Daya Padang Sidempuan pada kedalaman 17 Km. BMKG mengingatkan agar masyarakat di Padang Sidempuan mewaspadai potensi gempa susulan. Belum ada laporan kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Gorontalo, pada pukul 22.37 Wita. BMKG menyebut pusat gempa berada pada 71 km tenggara Bolaanguki Bolsel, Sulawesi Utara, 98 kilometer Kotamobagu dan 163 kilometer Tenggara Gorontalo. Gempa tersebut tidak berpotensi memicu tsunami.

Baca juga : Gempa M5 Guncang Nias Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Guncangan akibat gempa tersebut cukup kuat dirasakan dan membuat panik sebagian warga. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang kebetulan tengah berada di Gorontalo, harus dievakuasi dari dalam hotel setelah gempa reda. Dalam video yang diunggah Sandi di akun Instagram miliknya, tampak Sandi beserta anaknya menuruni tangga.

“Di Gorontalo baru saja terjadi gempa bumi yang cukup kencang. Saya dan seluruh tamu hotel segera dievakuasi ke luar, demi keamanan bersama. Semoga tidak terjadi gempa susulan, dan semoga Allah melindungi kita semua dari segala bencana,” tulisnya dalam keterangan video tersebut, kemarin.

Baca juga : NasDem Tantang Anies Ikutan Konvensi Capres

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.