Dewan Pers

Dark/Light Mode

3,5 Juta Vaksin Pfizer Dari Paman Sam Tiba Di Indonesia

Senin, 22 Nopember 2021 19:23 WIB
Kedatangan vaksin Pfizer dari Amerika Serikat ke Indonesia, Senin (22/11). (Foto: Istimewa)
Kedatangan vaksin Pfizer dari Amerika Serikat ke Indonesia, Senin (22/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kembali kedatangan vaksin bantuan dari Amerika Serikat. 3,5 juta dosis vaksin Pfizer mendarat di Bandara Soekarno-Hatta lewat kemitraan COVAX. Sebanyak 2.632.500 dosis tiba Sabtu (20/11), dan 866.970 dosis tiba pada Senin (22/11).

Vaksin yang aman dan efektif ini akan melindungi warga di Indonesia dan membantu mencegah penyebaran varian-varian baru yang berbahaya.

“Kami bangga dengan kontribusi kami untuk respons kuat Indonesia terhadap Covid-19 hingga saat ini,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim, dari pernyataan tertulis Kedubes AS, yang diterima Senin (22/11).

Berita Terkait : Ganda Putri Jepang Kuasai Indonesia Masters 2021

“Vaksin yang aman dan efektif tetap penting untuk mempertahankan kemajuan terkini, sehingga Amerika Serikat berkomitmen untuk terus menyumbangkan dosis-dosis vaksin nya ke Indonesia, serta ke seluruh kawasan dan ke seluruh dunia," ujar Dubes Kim.

"Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra dan teman dekat, dan donasi ini adalah hal yang benar untuk dilakukan,” ungkapnya.

Amerika Serikat adalah donor terbesar bagi COVAX, dengan total senilai 34 miliar dolar AS,  telah membantu Gavi memfasilitasi sumbangan lebih dari 36 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Berita Terkait : Pernyataan Arteria Dahlan Soal OTT Dianggap Mendegradasi Simbol Negara

Secara bilateral, rakyat Amerika telah mendonasikan 16,9 juta dosis vaksin Moderna dan Pfizer kepada Indonesia melalui inisiatif COVAX, di bawah kemitraan dengan pemerintah Indonesia dan UNICEF.

Secara global, negeri Paman Sam ini telah mengirimkan lebih dari 200 juta dosis vaksin Covid-19, dan ratusan juta dosis lainnya sedang dalam perjalanan. Amerika Serikat mendonasikan 1,1 miliar dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia.

Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah menyediakan lebih dari 77 juta dolar AS untuk mendukung respons Covid-19 di Indonesia, yang merupakan tambahan dari lebih dari 1 miliar doalr AS dalam bentuk bantuan terkait kesehatan selama 20 tahun terakhir.

Berita Terkait : Pintu Baja Ringan Rumah Makin Diminati Masyarakat Indonesia

Amerika Serikat bekerja sama dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus Covid-19, meningkatkan kemampuan laboratorium, surveilans penyakit, dan kapasitas respons cepat, serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lainnya.

“Sejak Maret 2020, dukungan kami telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia, atau 60 persen dari populasi Indonesia. Amerika Serikat telah membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia,” imbuh Dubes Kim.

“Kami terus berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan mendukung pembukaan kembali sektor ekonomi Indonesia secara aman,” pungkasnya. [DAY]