Dark/Light Mode

Kemenhub Getol Tingkatkan SDM Kepelautan

Rabu, 24 November 2021 15:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat menjadi inspektur upacara dalam acara Perayaan 1 Abad Revitalisasi Pendidikan Kepelautan di Indonesia yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Rabu (24/11). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi saat menjadi inspektur upacara dalam acara Perayaan 1 Abad Revitalisasi Pendidikan Kepelautan di Indonesia yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Rabu (24/11). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kepelautan nasional, yang kompetensinya diakui dunia internasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pendidikan kelautan saat ini berkembang dengan pesat. Begitu juga dengan serapan lulusan sekolah pelayaran dibawah binaan Kemenhub.

BKS, sapaan akrab Budi Karya mengungkapkan, berdasarkan data kuartal terakhir 2021 sebanyak 1,2 juta lebih pelaut telah berlayar di dalam dan luar negeri.

Baca juga : DPR Desak Kemendagri Tertibkan Ormas Kerap Terlibat Bentrokan

Dari jumlah tersebut, sekitar 28,5 persen atau sekitar 350 ribu, telah bekerja pada perusahaan pelayaran asing yang mengisi berbagai posisi mulai dari rating sampai dengan Chief Engineer dan Captain.

"Jika diasumsikan bahwa pelaut mendapatkan penghasilan sekitar 1.500 dolar AS per bulan, maka setiap tahun pelaut menghasilkan devisa sebesar 110 triliun per tahun," ungkapnya, saat menjadi inspektur upacara dalam acara Perayaan 1 Abad Revitalisasi Pendidikan Kepelautan di Indonesia yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Rabu (24/11).

Menurutnya, dalam kegiatan yang bertajuk 'Bergerak Harmonikan Indonesia Menyongsong Indonesia Emas 2045', dengan kondisi geografis Indonesia yang memiliki 17 ribu lebih pulau, Indonesia termasuk dalam negara penghasil pelaut terbesar di dunia.

Baca juga : Dubes Heri Resmikan PKBM Keempat Di Jepang

"Kita memiliki visi menjadikan bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk itu, pendidikan kepelautan dan pelayaran memegang peranan penting dalam menciptakan SDM yang unggul," ungkapnya.

BKS menuturkan, sejumlah capaian yang telah diraih hingga saat ini, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM sektor transportasi laut. Di antaranya, membangun 10 Perguruan Tinggi Vokasi Pelayaran dan dua Balai Diklat Pelayaran di bawah Kemenhub, 18 Sekolah Tinggi dan Akademi di luar Kemenhub atau swasta, serta 34 SMK Pelayaran Negeri dan Swasta.

Kemudian, Kemenhub secara konsisten menjalin kerja sama dengan sejumlah negara sahabat, guna meningkatkan kualitas SDM kepelautan. "Para duta besar juga sering memberikan kuliah umum atau sharing session kepada para taruna-taruni," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.