Dark/Light Mode

Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Akan Sertifikasi Pengrajin Kapal Pinisi

Sabtu, 27 November 2021 07:21 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Megahnya kapal pinisi yang berjejer di pesisir pantai Desa Ara dikagumi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Dirinya meyakini, jejeran kapal kayu berukuran besar lengkap dengan hiruk pikuk para pengrajinnya itu dapat menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Optimisme itu disampaikan Sandi ketika menyerahkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan pengelola Desa Wisata Ara. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengaku telah melihat langsung keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Bulukumba. Tak hanya kapal pinisi, jejeran tebing berbatu yang kontras dengan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai menurutnya merupakan anugerah Tuhan yang harus dilestarikan bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Andika Mulai Siapkan Pengamanan Di Bali

"Pinisi ini sudah sampai di Vancouver, Kanada dan Madagaskar, Afrika. Jadi sudah sepatutnya kita jadikan ikon pariwisata di Bulukumba dan nanti kebetulan ada perwakilan dari Kabupaten Selayar di sini, jadi kita akan buat klaster dengan kekuatan wisata bahari," ungkapnya, dalam siaran pers, Sabtu (27/11). 

"Kalau kita lihat Danau Toba sekarang perlu pinisi, dari mana datangnya? Talentanya dari Desa Wisata Ara, Bulukumba. Dan dari sini kita akan ekspor, bukan hanya keahlian tetapi juga keindahan alam supaya masyarakat sejahtera, terbuka lapangan kerja seluas-luasnya," imbuh Sandi.

Oleh karena itu, dirinya menyampaikan tiga catatan dalam pemulihan sektor parekraf di Kabupaten Bulukumba. Pertama, kolaborasi seluruh pihak untuk menghadirkan wisata bahari, termasuk Museum Pinisi. "Jadi itu kita bentuk kolaborasi yang akan kita pimpin agar bisa segera terwujudkan," tuturnya.

Baca juga : Dukung UMKM, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Workshop Bisnis

Pesan kedua, lanjutnya mengenai permintaan Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf yang berharap adanya perhatian dari pemerintah pusat terkait pengadaan bahan baku pembuatan kapal pinisi.

Sehingga, para pengrajin asal Bulukumba tetap dapat berusaha dan tidak keluar Kabupaten Bulukumba untuk membangun kapal pinisi.

"Jadi kami akan menggandeng Kementerian Perindustrian dan Poltekpar Makassar untuk sertifikasi kompetensinya. Agar kompetensi para pengrajin ini bisa langsung kita hadirkan," jelas Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.