Dark/Light Mode

PUPR Serahkan Aset PSU Rp 504 Juta Ke Pemkab Tanah Bumbu

Rabu, 1 Desember 2021 13:46 WIB
Serahterimakan Pengelolaan dan Aset PSU Rumah Subsidi di Tanah Bumbu. (foto:pupr).
Serahterimakan Pengelolaan dan Aset PSU Rumah Subsidi di Tanah Bumbu. (foto:pupr).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perumahan melakukan serah terima pengelolaan dan aset berupa Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) jalan lingkungan rumah subsidi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatam.

Aset PSU jalan lingkungan sepanjang 387 meter yang diserahterimakan senilai Rp 504 juta ini telah dibangun pada 2019 di Perumahan Bersubsidi Alif Azhar Permai.

"Sesuai arahan Menteri PUPR bahwa aset BMN yang telah dibangun harus segera diserahterimakan pengelolaannya agar tidak menjadi beban untuk APBN,"ujar Direktur Jenderal Perumahan KementerianPUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta Rabu (1/12).

Khalawi menerangkan, Direktorat Jenderal Perumahan saat ini mulai melaksanakan sistem jemput bola dalam pelaksanaan serah terima aset BMN di daerah.

Baca juga : PUPR Kantongi Aset BPWS Senilai Rp 1,125 Triliun

Dalam hal ini pihaknya menerjunkan tim percepatan serah terima aset ke daerah sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

"Kami berharap dengan sistem jemput bola ini aset BMN yang telah terbangun dapat segera diserahterimakan dan dikelola oleh pengusul, baik Pemda maupun lembaga,”terangnya.

Dari data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan PSU yang diserahterimakan berupa jalan cor sepanjang 387 meter dengan lebar 4 meter.

PSU tersebut dapat dirasakan langsung oleh sekitar 70 kepala keluarga yang tingga di rumah bersubsidi Alif Azhar Permai. Proses serah terima aset PSU dilaksanakan di Ruang Auditorium Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (30/11).

Baca juga : PUPR Mulai Sosialisasikan Peraturan UU Cipta Kerja Perumahan

Menurut Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Ashar, para pengembang perumahan subdisi di wilayah Tanah Bumbu sangat membutuhkan bantuan PSU guna meningkatkan kualitas perumahan untuk masyarakat. Apalagi pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penjualan perumahan bersubsidi.

"Kami siap mendukung penyaluran PSU dari Kementerian PUPR sebagai pendorong semangat pengembang dalam menyediakan rumah bagi masyarakat. Kami juga siap mengelola aset PSU yang ada," katanya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, adanya pembangun infrastruktur perumahan berupa PSU di Tanah Bumbu bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian daerah.

Dengan PSU berupa jalan lingkungan tentunya rumah bersubsidi miliki masyarakat bisa lebih tertata dengan baik.

Baca juga : PUPR Tebar Bantuan PSU Untuk Warga Kalimantan

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan KabupatenTanah Bumbu, Ansyari Firdaus menerangkan bahwa masyarakat juga sangat senang dengan adanya bantuan jalan ini.

"Kami berharap ke depan tidak hanya PSU saja yang di bantu oleh Kementerian PUPR tapi juga drainase perumahan," harapnya. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.