Dark/Light Mode

PUPR Salurkan Bantuan PSU Rp 10,4 Miliar Untuk Hunian Di Kalsel

Jumat, 22 Oktober 2021 23:41 WIB
Pekerjaan pembangunan hunian PSU untuk masyarakat kecil
Pekerjaan pembangunan hunian PSU untuk masyarakat kecil

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.607 unit rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR. 

Total anggaran PSU yang disalurkan senilai Rp 10,4 miliar yang tersebar di 19 lokasi perumahan pada enam Kabupaten/Kota.

"Pemerintah akan terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi di seluruh Indonesia. Untuk itu, Pemerintah memberikan stimulan berupa PSU bagi para pengembang perumahan yang membangun rumah bersubsidi," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Jumat (22/10).

Baca juga : Pegadaian Syariah Berikan Santunan Rp 2 Milyar untuk Masyarakat dan Nakes

Khalawi menerangkan, bantuan PSU merupakan satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan rumah layak huni dan terjangkau khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sekaligus mendorong capaian Program Sejuta Rumah. 

Pembangunan PSU yang dilaksanakan berupa peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi sehingga masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan dan mewujudkan lingkungan hidup yang nyaman.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II, Hujurat menerangkan, jumlah rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan yang mendapatkan bantuan PSU pada tahun 2021 sebanyak 1.607 unit. 

Baca juga : Minta Rp 5,5 Triliun Untuk Penuhi Janji Kampanye Anies


"Total anggaran yang disalurkan Rp 10,4 Miliar. Pembangunan PSU tersebar di 19 lokasi perumahan pada enam Kabupaten/Kota," terangnya.

Hujurat juga berharap pemerintah daerah bisa mendorong para pengembang untuk lebih pro aktif untuk mengusulkan bantuan PSU melalui aplikasi Sibaru (Sistem Informasi Bantuan Perumahan).

Sibaru merupakan aplikasi untuk mempermudah Pemerintah Daerah dalam mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya yang salah satunya untuk pengajuan bantuan PSU. 

Baca juga : RI Tingkatkan Kerja Sama Multilateral Untuk Pemulihan Ekonomi Dan Kesehatan Masyarakat

Dengan demikian ke depan akan lebih banyak pengembang yang membangun rumah bersubsidi dengan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

Salah satu perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Kota Banjarmasin adalah Perumahan Batola Residence II. Perumahan tersebut, mendapatkan PSU senilai Rp 958 juta berupa jalan lingkungan sepanjang 715 meter. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.