Dark/Light Mode

1 Juni

Kemarin #SayaPancasila, Sekarang #KitaPancasila

Minggu, 2 Juni 2019 03:01 WIB
Presiden Jokowi bersama sejumlah tokoh menyampaikan salam Pancasila usai upacara peringatan Hari Pancasila, di Jakarta, kemarin.
Presiden Jokowi bersama sejumlah tokoh menyampaikan salam Pancasila usai upacara peringatan Hari Pancasila, di Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengganti jargon #SayaIndonesia #SayaPancasila menjadi #KitaIndonesia #KitaPancasila pada perayaan Hari Lahir Pancasila, kemarin. Jagat Twitter pun diramaikan tagar tersebut dan ngarep bisa kurangi suhu politik dalam negeri.

Untuk mengingatkan, #Saya Indonesia #SayaPancasila adalah slogan yang diciptakan untuk memeriahkan Pekan Pancasila 2017, yang diselenggarakan pada 29 Mei sampai 4 Juni 2017. Pekan Pancasila 2017 dirayakan untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2017, yang merupakan hari libur nasional pertama kalinya sejak disahkan Presiden Jokowi tahun 2016.

Pada tahun ini, Presiden Jokowi mengubah slogan tersebut. Frasa Kita Indonesia Kita Pancasila muncul saat Presiden memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin.

Dalam amanatnya, Jokowi mengingatkan seluruh elemen bangsa bersyukur atas anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila telah berhasil menjadi pemandu bangsa dalam bermasyarakat, bernegara, dan menjadi benteng persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : Pancasila Dan Sakralitas 1 Juni 45

Pancasila telah berhasil menjadi rumah bersama bagi seluruh komponen bangsa. Sebagi rumah yang besar, Indonesia telah berhasil menghadapi berbagai situasi sulit. Sejarah telah mencatat betapa kokohnya Indonesia dengan ideologi Pancasilanya.

"74 tahun perjalanan RI, telah membuat bangsa kita bangsa yang dewasa dan matang. 74 tahun yang penuh dinamika, naik dan turun, tetapi kita bisa mengelolanya, mampu mengelolanya dan semakin memperkokoh persatuan kita," ujarnya.

Jokowi menyebut, perjuangan untuk mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila tidak mudah. Tantangan internasional semakin berat, keterbukaan dan persaingan yang semakin tinggi, perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi juga menjadi tantangan berat, karena semakin memberi ruang kepada berita bohong, bahkan ujaran kebencian dan fitnah.

"Mari peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini kita manfaatkan untuk meneguhkan komitmen kita untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, untuk saling toleran, hidup rukun, gotong royong serta melawan faham-faham anti-Pancasila, dan bahaya terorisme serta separatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa kita. Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila," seru Jokowi.

Baca juga : Pramono Anung: Pancasila Jangan Cuma Jadi Hapalan

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono saat upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Balairung UGM kemarin, juga mengusung slogan Kita Indonesia, Kita Pancasila. Pancasila, kata Hariyono, dapat mempertahankan eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara.

Di tengah kondisi politik dan berbagai tantangan yang ada, kata Hariyono, perlu kesadaran dan pemahaman nilai Pancasila seperti menghormati, saling bekerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan. "Pancasila rumah bersama. Kita Indonesia, Kita Pancasila," tandasnya.

Di jagat Twitter, tanda pagar #KitaIndonesia dan #KitaPancasila juga ramai dipakai seharian kemarin. Akun @PartaiSocmed yang mengawali mengajak netizen mengusung tanda pagar #KitaIndonesiaKitaPancasila. Sebab, di saat terjadi polarisasi karena perbedaan politik, masyarakat harus diingatkan tentang pentingnya Pancasila.

"Di tengah-tengah meningkatnya polarisasi di masyarakat saat ini maka peran Pancasila sebagai pemersatu semakin relevan. #KitaIndonesiaKitaPancasila," cuitnya diamini @emiemie8. "Yang paling penting bukan No 1 atau No 2 yang paling penting adalah No 3 persatuan Indonesia #KitaIndonesiaKitaPancasila."

Baca juga : Legalkan Pernikahan Gay, Taiwan Cetak Sejarah di Asia

Akun @jojo_botak pun mengamini. "Sangat relevan di tengah marak nya politik identitas #KitaIndonesiaKitaPancasila," tulisnya serupa dengan @TsamaraDKI. "Republik yang didirikan untuk semua di bawah naungan Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila."

Beberapa akun influencer yang lain mulai serempak mengucapkan selamat hari lahir sekaligus kuliah soal pentingnya Pancasila. Seperti akun Putri Presiden Abdurrahman Wahid @alissawahid. "Pancasila ini akan saya perjuangkan dengan nyawa saya. Tidak peduli ia dikebiri oleh angkatan bersenjata atau dimanipulasi umat Islam. - #GusDur dalam buku GusDur & Negara Pancasila, menengarai perilaku OrdeBaru & kelp Islamis. #HariLahirPancasila," kicaunya sama dengan @ridwankamil.

"SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA. Sila-sila Pancasila adalah bebintang penuntun arah berbangsa & bernegara kita. Menuntun kita hidup dengan nilai keimanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan juga keadilan. Harus dijaga dan dirawat. Mari perkuat/amalkan PANCASILA dalam keseharian kita," imbaunya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.