Dark/Light Mode

Setelah Lomba Mural, Gelar Lomba Orasi

Sigit Makin Legit

Sabtu, 11 Desember 2021 08:57 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berswafoto bersama para peserta lomba orasi unjuk rasa, di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berswafoto bersama para peserta lomba orasi unjuk rasa, di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di sisi lain, ia mengungkapkan, pihaknya ingin mengobarkan semangat perjuangan bangsa dengan menyelenggarakan Lomba Orasi Unjuk Rasa di Tugu Proklamasi. Sebab, di lokasi ini, terdapat patung dua pendiri bangsa: Soekarno dan Hatta. Soekarno dikenal sebagai orator ulung sehingga menjadi inspirasi mahasiswa memperjuangkan HAM.

"Tentunya kami harapkan dapat mengilhami rekan-rekan semua untuk bisa mengobarkan dan membangkitkan semangat perjuangan HAM di Indonesia pada kegiatan peringatan Hari HAM Sedunia ini," kata Sigit.

Baca juga : Dirjen Pendis Kemenag Kembali Gelar Madrasah Award Dan Adiktis 2021

Setelah penjurian beres, pemenang lomba langsung diumumkan. Juara 1 dari Jawa Timur, yang berhak mendapatkan uang tunai Rp 175 juta. Juara 2 dari Nusa Tenggara Timur, yang berhak mendapat hadiah Rp 150 juta. Juara 3 dari Sumatera Barat, yang berhak mendapat hadiah sebesar Rp 125 juta.

Ada juga juara harapan. Juara harapan 1 dari Maluku Utara, yang berhak mendapat hadiah Rp 90 juta. Juara harapan 2 dari Sulawesi Selatan, dan mendapat hadiah Rp 75 juta. Juara harapan 3 dari Kalimantan Timur, yang mendapat hadiah Rp 60 juta.

Baca juga : Gelar Lomba Orasi, Kapolri: Mari Ciptakan Alam Demokrasi Yang Lebih Baik

Lomba ini sukses menuai pujian dari kalangan warganet. Akun @febrifelani menyebut, lomba itu sangat baik. "Wadah menyampaikan aspirasi dan ekspresi. Selamat Hari HAM," tulisnya.

Dengan adanya lomba ini, akun @Panarukanreal mengajak publik untuk lebih berani menyampaikan aspirasi. "Sampaikan pendapatmu. Selamat Hari HAM," ajaknya.

Baca juga : Herbalife Nutrition Gelar Lagi Virtual Duathlon

Sedangkan akun @Jatstar1 menyinggung soal hadiah yang disediakan Sigit. "Hadiahnya pasti lah gede itu Pak," tulisnya.

Akun @yana_udiyatna usul agar tahun depan lomba seperti ini digelar kembali. "Untuk lomba orasi di kesempatan yang akan datang, sebaiknya bertema Cinta Tanah Air, Cinta NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Maturnuwun," ucapnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.