Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditanya Presiden Soal Bawang Putih

Mendag: Hasil Panen Petani Jadi Prioritas

Selasa, 14 Desember 2021 21:43 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat meninjau harga di pasar. (Foto: Ist)
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat meninjau harga di pasar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan, penyerapan hasil panen petani lokal menjadi prioritas Kementerian Perdagangan (Kemendag). Bukan hanya bawang putih, tetapi seluruh komoditas lainnya.

"Setelah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi yang sedang berada di Jawa Tengah. Saya meminta tim Kemendag di lapangan untuk memastikan pasokan bawang putih dalam negeri aman. Penyerapan hasil dalam negeri selalu menjadi prioritas bagi kami," ujar Lutfi melalui akun Instagram miliknya @mendaglutfi.

Baca juga : Terima Curhatan Impor Bawang Putih Masuk Saat Panen, Jokowi Langsung Nelepon Mendag

Sebelumnya, Presiden Jokowi menelepon Lutfi saat berdialog dengan para petani di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Selasa (14/12).

Hal ini dilakukan Jokowi usai melakukan penanaman bawang merah bersama masyarakat dan petani. Dialog Jokowi dengan para petani dilakukan di sebuah saung dengan suasana santai dan penuh keakraban.

Baca juga : Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Nusantara Jadi Penyelamat Pariwisata

Pada dialog tersebut, Jokowi menerima keluhan petani yang enggan menanam bawang putih karena harganya turun akibat masuknya bawang putih impor saat panen. Seketika itu Jokowi langsung menelepon Mendag.

"Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu," kata Jokowi kepada Lutfi.

Baca juga : Pantau Penanganan Bencana Gunung Semeru, Menko PMK: Keselamatan Korban Jadi Prioritas Utama

Mendag pun langsung merespons keluhan tersebut dan segera mengirim tim untuk mendapat informasi lebih detail. "Saya akan kirim tim untuk mengecek, Bapak," pungkas mantan duta besar RI untuk Amerika Serikat ini. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.