Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Penerapan Prokes

Airlangga Pimpin Rakor Persiapan Muktamar NU

Minggu, 19 Desember 2021 09:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 yang rencananya digelar 22-23 Desember 2021, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin langsung Rapat Koordinasi (rakor) persiapan acara Muktamar tersebut, kemarin. Rakor yang digelar virtual itu dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Kepala BNPB Mayjen Suharyanto serta Panitia Nasional Mukmatar NU Ke-34 Muhammad Imam Aziz.

“Rapat ini diselenggarakan untuk mengecek persiapan penyelenggaraan Muktamar NU ke-34, yang akan diselenggarakan secara hybrid di Lampung. Asesmen situasi pandemi Provinsi Lampung sudah berada di Level 1,” ujar Airlangga, yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca juga : MPO Golkar Wajib Sebarkan Kerja Airlangga Di Platform Digital

Diingatkan Airlangga, Pemerintah senantiasa memprioritaskan kesehatan masyarakat dalam penyelenggaraan agenda-agenda acara besar nasional di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dapat terlihat dalam penyelenggaran event PON di Papua, World Superbike (WSBK) di Mandalika, dan forum internasional G20 yang digelar dengan tetap menaati disiplin protokol kesehatan ketat.

Pada rakor ini, panitia menjelaskan secara lengkap mengenai strategi Pra-Muktamar. Mulai proses registrasi secara online, sampai proses edukasi penerapan protokol kesehatan. Kemudian, penerapan standar tata laksana protokol kesehatan pada saat Muktamar, dan monitoring pasca Muktamar, yang dikoordinasikan semuanya oleh Panitia Nasional Muktamar NU ke-34.

Baca juga : Pastikan Penerapan Prokes, Menko Airlangga Pimpin Rakor Persiapan Muktamar NU Ke-34

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, untuk memproteksi masyarakat, capaian vaksinasi di Provinsi Lampung, terutama di wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan acara, harus terus ditingkatkan agar sesuai dengan target. Dia membeberkan, capaian vaksinasi dosis 1 di Lampung Tengah baru 61,49 persen. Akan dilakukan akselerasi agar bisa mencapai 70 persen, dengan dukungan penuh dari Panitia bersama dengan TNI dan Polri.

Yaqut Cholil Qoumas meminta panitia memastikan jumlah peserta yang hadir sesuai undangan dan kapasitas tempat, untuk memastikan protokol penyelenggaraan acara. Soalnya, Muktamar NU ke-34 tak hanya acara pertemuan biasa, sekaligus sebagai ajang silaturahmi seluruh warga NU. Tapi karena saat ini sedang pandemi, maka panitia perlu tetap tegas dan harus memastikan hal tersebut.

Baca juga : AP II Buka Posko Monitoring Nataru Di 20 Bandara

Untuk mengantisipasi kehadiran rombongan lain di luar undangan, Airlangga meminta disiapkan lokasi lain untuk menampung mereka. “Fasilitasi dengan layar agar tetap bisa menyaksikan secara langsung. Untuk itu, kanalisasi dan pengaturan sangat diperlukan,” tegas Airlangga.

Menanggapi hal itu, Andika Perkasa dan Imam Sugianto siap untuk membantu sepenuhnya pengaturan seluruh kegiatan dan acara dalam penyelenggaraan Muktamar NU ke-34. Mulai dari percepatan vaksinasi, sampai menjaga ketertiban dan keamanan acara. [JAR/FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.