Dewan Pers

Dark/Light Mode

Akhirnya, Kasus Penularan Lokal Omicron Ditemukan

Selasa, 28 Desember 2021 07:20 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers secara virtual, Selasa (28/12/2021). (Foto: YouTube)
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers secara virtual, Selasa (28/12/2021). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan satu kasus transmisi lokal Covid-19 varian Omicron dan ditangani di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta.

“Sehingga, Selasa 28 Desember, terdapat 47 kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, saat konferensi pers virtual, kemarin.

Berita Terkait : Bertambah 49, Kasus Omicron Di Malaysia Kini Tembus 62

Nadia menyatakan, dari 47 kasus ini, 46 kasus lainnya merupakan kasus impor. Satu kasus transmisi lokal ini merupakan laki-laki. Ia tak memiliki riwayat perjalanan luar negeri dalam beberapa bulan terakhir maupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

Nadia mengatakan, laki-laki berusia 37 tahun itu tak memiliki riwayat perjalanan luar negeri dalam beberapa bulan terakhir maupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri. “Pasien tinggal di Medan ke Jakarta sebulan sekali. Dari data yang ada tiba di Jakarta 6 Desember,” ungkapnya.

Berita Terkait : Bertambah 11, Kasus Omicron Di Indonesia Kini Jadi 19

Selama berada di Ibu Kota, dia sempat nongkrong-nongkrong di sejumlah tempat. “Pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD,” beber Nadia.

Menurutnya, setelah berada sekitar dua pekan di Jakarta, pasien tersebut hendak pulang ke Medan dan melakukan tes antigen pada 20 Desember. Dia kemudian dinyatakan positif Covid-19.
 Selanjutnya