Dark/Light Mode

Menteri Siti Siapkan Langkah Jitu Bangun Ekonomi Karbon

Kamis, 30 Desember 2021 22:58 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tahun 2022, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya menyiapkan empat langkah yang perlu dilakukan di masa pandemi Covid-19. Pertama, mendorong dan melibatkan masyarakat, khususnya generasi muda dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan. 

Kedua, meningkatkan peran perhutanan sosial secara  luas, tidak hanya dalam artikulasi ekonomi dan ekologi, namun juga pada proses-proses sosial masyarakat dalam penyelesaian masalah tenurial. Ketiga, meningkatkan upaya konservasi, dan pemulihan lingkungan dan ekonomi, utamanya dalam implementasi ekonomi karbon. 

Baca juga : Bamsoet: Kebangkitan UMKM Kunci Kebangkitan Ekonomi Nasional

Keempat, penataan dan penertiban sebagai langkah awal dalam pengendalian, pengawasan dan hal-hal berkaitan dengan alokasi kebijakan sumber daya alam ataupun sistem persetujuan perizinan.

Dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2022, Siti menyampaikan, bahwa pembangunan LHK tahun 2022 untuk memperkuat dukungan tapak guna  pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural. Tujuannya, menjaga kecenderungan positif sumbangan produk domestik bruto, menumbuhkan ekspor dan meningkatkan produksi, meningkatkan kapasitas produksi kelompok tani hutan, membantu mendorong ekonomi wilayah dan mendorong ekonomi sirkular, paralel dengan upaya mengurangi beban lingkungan.

Baca juga : Perkuat KLHK, Menteri Siti Lantik 19 Pejabat Baru

“Kita mulai meningkatkan kualitas pemanfaatan anggaran bagi pemenuhan kinerja dan kebutuhan masyarakat .  APBN harus menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan. Kita manfaatkan momentum yang sudah kita raih pada tahun 2021, untuk terus tumbuh dan semakin tangguh,” ujar Siti saat penandatanganan kontrak kinerja Tahun 2022, pada acara penyerahan DIPA KLHK Tahun 2022, Rabu (29/12).

Pada kesempatan ini, Siti mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan capaian seluruh jajaran KLHK. Sepanjang tahun 2021, raihan kinerja KLHK terutama dalam Indikator Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang meningkat, dan sejumlah apresiasi pada kegiatan manajerial, administratif, dan fungsional. [MFA]

Baca juga : Menperin: Sektor Industri Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.