Dark/Light Mode

Ini Penjelasan Kominfo, Soal Kebocoran Data Pasien Yang Dikelola Kemenkes

Jumat, 7 Januari 2022 11:26 WIB
Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi menyampaikan informasi soal dugaan kebocoran data pasien, yang dikelola server Kementerian Kesehatan.

Dalam hal ini, Menteri Kominfo Johnny G Plate telah memerintahkan jajaran terkait untuk berkomunikasi secara intensif, dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut. Sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga : Persija Vs PSIS Semarang, Ngotot Menang Di Laga Perdana

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga tengah melakukan langkah-langkah internal, merespon dugaan kebocoran yang terjadi. Termasuk, melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Terkait hal tersebut, Kementerian Kominfo meminta seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE), baik publik maupun privat yang mengelola data pribadi, untuk secara serius memperhatikan kelayakan dan keandalan pemrosesan data pribadi, yang dilakukan oleh PSE terkait.

Baca juga : Harta Pejabat Pajak Disita KPK

"Harus betul-betul diperhatikan. Baik dari aspek teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia," tegas Dedy. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.