Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Syarief Hasan: Komitmen Kebangsaan Muhammadiyah Tak Diragukan

Jumat, 19 November 2021 16:14 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengucapkan selamat atas Milad Muhammadiyah ke-109. Di usia yang telah melebihi satu abad, Muhammadiyah telah berperan dan mewarnai perjalanan hidup bangsa dan negara.

Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan dan sosial yang memberikan sumbangsih yang nyata terhadap peradaban bangsa, ikut memajukan kualitas pendidikan, dan memberikan kontribusi sosial yang nyata.

"Ini adalah bukti Muhammadiyah bagian melekat dan menjadi bagian dari sejarah panjang perjalanan republik. Peran kesejarahan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi. Karena itu, saya mengucapkan selamat atas Milad Muhammadiyah ke-109. Semoga dengan bertambahnya usia, Muhammadiyah akan tetap melanjutkan peran sosial dan keagamaan demi majunya bangsa dan negara," kata Syarief dalam keterangannya, Jumat (19/11).

Baca juga : Bos Muhammadiyah Bicara Menyejukkan

Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini berpandangan, gerakan pendidikan berupa pembangunan banyak sekolah, serta komitmen sosial dalam membantu mengentaskan berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat telah menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi yang mampu berjuang secara mandiri.

Telah banyak lulusan pendidikan dari banyak lembaga pendidikan yang dirintis dan dikelola Muhammadiyah, sama halnya dengan berbagai kegiatan sosial yang telah berhasil membantu negara mengentaskan kemiskinan.

"Komitmen kebangsaan Muhammadiyah dalam membela NKRI, mempromosikan nilai toleransi, serta kritis-konstruktif pada berbagai persoalan kebangsaan adalah wujud nyata dari pengejawantahan Pancasila. Muhammadiyah sedari awal adalah salah satu penopang utama republik, terus mewarnai, dan berperan dalam rangkaian panjang sejarah republik. Ruang-ruang pengabdian ini yang perlu terus disemai, sehingga pembangunan kebangsaan bukan saja menjadi tugas pemerintah, namun tugas kita bersama," papar Syarief.

Baca juga : Bamsoet: Semoga Muhammadiyah Makin Menerangi Cahaya Islam Berkemajuan

Apalagi, Syarief mengingatkan, tantangan bangsa di era pandemi dan pasca pandemi meniscayakan peran lebih masyarakat sipil. Negara memiliki keterbatasan sehingga perlu bersinergi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada.

Peran pembinaan, sosialisasi, maupun konsolidasi komunitas akan sangat efektif jika ditopang oleh beragam komunitas dan kelompok sosial.

Di era kolaborasi, kata Syarief, meniscayakan kerjasama dan saling mengisi antara negara, pasar, dan masyarakat sipil. Ketiganya memiliki peran yang saling terkait dan harus saling menopang. Dalam konteks ini pulalah negara harus memberikan ruang yang kondusif bagi tumbuh berkembangnya inisiatif masyarakat sipil dalam membantu mengentaskan berbagai persoalan kebangsaan.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pemerintah Tak Tergantung Utang

"Muhammadiyah telah melakukan peran kesejarahannya yang nyata, sesuatu yang harus mendapatkan apresiasi dan atensi yang tinggi," tutup Syarief. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.