Dark/Light Mode

Indonesia Kembali Terima 1.847.700 Dosis Vaksin AstraZeneca Dari Covax

Rabu, 12 Januari 2022 08:01 WIB
Kedatangan vaksin tahap ke-193, tiba di tanah air sebanyak 1.847.700 dosis vaksin AstraZeneca, pada Selasa malam (11/1). (Foto: Istimewa)
Kedatangan vaksin tahap ke-193, tiba di tanah air sebanyak 1.847.700 dosis vaksin AstraZeneca, pada Selasa malam (11/1). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Usman menambahkan, di akhir 2021, Indonesia telah melampaui target WHO dengan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 40 persen penduduknya. "Kita patut bersyukur dengan capaian itu," tuturnya.

Lebih lanjut Usman mengatakan, saat ini ada 98 negara yang masih belum mencapai 40 persen, bahkan 41 di antaranya bahkan belum mencapai 10 persen dari populasi.

Melanjutkan upaya yang dilakukan di 2021, menurut Usman, Indonesia menargetkan pada 2022 ini, tercapai 70 persen populasi yang telah divaksinasi. Untuk itu, pemerintah secara konsisten terus mendatangkan vaksin untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi.

Baca juga : Kapolri Instruksikan Akselerasi Vaksinasi Lansia Dan Anak-Anak

"Tak lupa kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program vaksinasi nasional dan juga kepada masyarakat ," katanya.

Usman menegaskan, vaksinasi adalah salah satu kunci untuk melindungi diri dan bangsa dari ancaman Covid-19. Tercapainya herd immunity di Indonesia bisa meningkatkan kemampuan bangsa untuk segera keluar dari pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini.

"Program vaksinasi sudah berlangsung setahun, dan kita telah berada di jalur yang tepat dengan terus mengamankan stok vaksin untuk kebutuhan penduduk Indonesia," ujar Usman.

Baca juga : Gratiskan Vaksin Booster Dong

Terkait penyebaran varian Omicron, Usman mengatakan, pemerintah berupaya sekuat tenaga agar varian tersebut tidak meluas.

Ia meminta pemerintah daerah untuk menggencarkan penelusuran dan pengetesan kontak erat guna mendeteksi kasus konfirmasi secara lebih dini. Seluruh elemen masyarakat juga diharapkan agar menjaga situasi Indonesia tetap baik dan mempertahankan tingkat penularan rendah.

Usman mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada, mematuhi protokol kesehatan dan semua imbauan pemerintah. Dan bagi yang belum divaksin untuk segera divaksinasi.

Baca juga : Top! Indonesia Jadi Negara Yang Penduduknya Dapat Vaksinasi Penuh

"Pelaksanaan prokes juga tidak boleh ditinggalkan dan diabaikan serta vaksinasi harus disegerakan," tegas Usman. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.