Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Donor Darah, Kemenkumham Sumbang 400 Kantong Darah

Rabu, 19 Januari 2022 21:43 WIB
Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto dalam kegiatan donor darah di Gedung Kemenkumham, Rabu (19/1). (Foto: Humas Kemenkumham)
Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto dalam kegiatan donor darah di Gedung Kemenkumham, Rabu (19/1). (Foto: Humas Kemenkumham)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama pandemi Covid-19, masyarakat merasa khawatir untuk mendonorkan darahnya. Padahal, kebutuhan akan darah terus meningkat. Akibatnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) langka.

Untuk membantu mengatasi kekurangan stok darah itu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham) bekerja sama dengan PMI Jakarta mengadakan kegiatan donor darah, Rabu (19/1).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Andap Budhi Revianto menargetkan 400 kantong darah dari kegiatan tersebut untuk disumbangkan kepada PMI.

Baca juga : KPK Gelar OTT Di Langkat, Sumatera Utara

Kegiatan donor darah ini digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Bakti Sosial dalam rangka Hari Bakti Imigrasi ke-72. Menurut Andap, 72 merupakan usia yang tidak muda lagi.

Untuk itu Kemenkumham berkomitmen untuk memberi pengabdian yang semakin professional, akuntabel, Sinergi, transparan, dan semakin inovatif, salah satunya adalah kegiatan donor darah tersebut. 

"Donor darah ini merupakan bentuk sinergitas antara Kemenkumham dengan Palang Merah Indonesia untuk menyambut Hari Bakti Imigrasi yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2022 nanti," ujar Andap di Gedung Kemenkumham.

Baca juga : BIN Gandeng Kemenkumham Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Kegiatan Donor darah yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB diawali dengan registrasi peserta, pemeriksaan antigen, cek kesehatan, dan dilanjutkan dengan pengambilan darah di tempat yang sudah disediakan.

"Kami menyasar pendonor dari internal yaitu pegawai Kemenkumham, Taruna Politeknik Imigrasi dan tamu dari luar yang ingin mendonorkan darahnya. Tentunya yang diizinkan donor darah adalah yang memenuhi syarat dan bebas Covid-19," bebernya.

Andap menambahkan, donor darah ini bertujuan untuk memberikan stok darah bagi PMI yang saat ini sedang mengalami kelangkaan stok darah karena Pandemi Covid-19.

Baca juga : Deklarasi Janji Kinerja Kemenkumham, Yasonna Bikin Ketua KPK Terpesona

"Kita bisa melihat dari berbagai pemberitaan bahwa manfaat donor darah, di antaranya bisa mendeteksi adanya penyakit atau tidak, gejala klinis dan lain-lain. Kenapa? Karena sebelum mendonor kita dicek dulu, artinya dari awal sudah mendeteksi apakah bisa melakukan donor darah atau tidak," terangnya.

Dalam kegiatan donor darah ini, petugas PMI tak sendirian. Mereka dibantu tenaga kesehatan yang merupakan ASN Kemenkumham.

Sementara itu Ketua Panitia Bakti Sosial Hari Bakti Imigrasi ke-72, Agus Widjaja, menjelaskan , acara donor darah ini merupakan satu dari beberapa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Ditjen Imigrasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.