Dewan Pers

Dark/Light Mode

Waspada! Omicron Tambah Banyak Nih

Sabtu, 15 Januari 2022 07:00 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. (Foto: BNPB)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Omicron di Indonesia terus merangkak naik. Masyarakat diminta semakin waspada terhadap penularan Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, penularan tidak hanya berasal dari kasus impor. Tapi juga, transimisi lokal.

Berita Terkait : Ini Yang Harus Dilakukan Pemerintah, Jika Ada WNI Yang Terpaksa Ke LN

Sampai Jumat (14/1), kasus Omicron sudah mencapai 572 kasus. Bertambah 66 kasus dari hari sebelum­nya. “Penambahan kasus tersebut terdiri dari 33 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 33 orang transmisi lokal,” kata Siti Nadia, di Jakarta, kemarin.

Seluruh pasien, ungkapnya, telah menjalankan karantina. Mayoritas, menjalaninya di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran. Jumlahnya, 339 orang. Sisanya, menjalani karantina di RS yang telah ditunjuk oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Berita Terkait : Dunia Sibuk Hadapi Omicron Yang Sangat Menular

Hampir setengahnya, atau sekitar 276 orang telah selesai menjalani isolasi. Sedangkan sisanya, 296 orang masih isolasi.

Nadia menyebut, tidak ada perbedaan karakteristik gejala antara pasien perjalanan luar negeri dan pasien transmisi lokal. Sebagian besar tanpa gejala, atau bergekala ringan. Gejala paling banyak yang dialami pasien adalah batuk, pilek, dan demam. “Jadi belum butuh perawatan yang serius,” bebernya.

Berita Terkait : Bunga Zainal: Omicron Kayak Kena Flu Biasa

Penambahan kasus Omicron dalam beberapa waktu terakhir telah berimplikasi pada lonjakan kasus harian nasional. Bahkan proporsi varian Omicron jauh lebih banyak dibandingkan varian Delta.

“Dari hasil monitoring yang dilakukan Kemenkes, kasus probable Omicron mulai naik sejak awal tahun 2022,” tutur Nadia.
 Selanjutnya