Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendagri: Pemprov Bayarin Beasiswa Mahasiswa Papua Ke Amerika

Rabu, 26 Januari 2022 20:59 WIB
Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Plh Dirjen Keuda) Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)
Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Plh Dirjen Keuda) Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik untuk warga Papua terutama mahasiswa yang sedang dan mau melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan kembali mengalokasikan anggaran untuk mendanai program beasiswa bagi mahasiswa Papua di Amerika Serikat tahun 2022.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian  Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Plh Dirjen  Keuda) Agus Fatoni saat memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Pendanaan Beasiswa Mahasiswa Papua di Amerika Serikat, yang berlangsung di Kantor Kemendagri, Senin (24/1).

"Pemprov Papua membayarkan beasiswa mahasiswa Papua di Amerika Serikat untuk tahun anggaran 2021 yang belum selesai, dan menyiapkan anggarannya kembali di tahun 2022," ujar Fatoni, dalam rilis yang diterima, Rabu (26/1). 

Baca juga : Lazada Loloskan 80 Mahasiswa Di Program Kampus Merdeka

Namun tahun ini, imbuh Fatoni, Pemprov Papua tidak membuka rekrutmen baru untuk program beasiswa karena adanya perubahan formulasi alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021.

Menurut aturan tersebut, alokasi dana Otsus telah dibagi langsung kepada kabupaten/kota, sehingga beban pendanaan beasiswa dapat dianggarkan langsung oleh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Papua.

Kata dia, perlu pembahasan bersama antara gubernur, bupati, dan wali kota untuk mencari skema (pembiayaan) beasiswa bagi mahasiwa Papua di tahun 2023. Skema cost sharing atau bantuan keuangan khusus dari dana Otsus kabupaten/kota ke Provinsi Papua dapat jadi salah satu alternatif.

Baca juga : Kementan Perkuat Monitoring Serta Evaluasi Kampung Dan UMKM Hortikultura

"Alternatif lain, bisa dengan mekanisme penghitungan kebutuhan beasiswa yang disepakati gubernur, bupati/wali kota, diambilkan dari alokasi masing-masing daerah oleh Kementerian Keuangan," ungkap Fatoni.

Sebagai informasi, rapat koordinasi tersebut juga melibatkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak. Hadir pada pertemuan itu Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuda Kemendagri, Direktur Penataan Daerah, Otsus, dan DPOD Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Selain itu, hadir pula Kepala BPSDM Provinsi Papua, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua, dan Kepala Subdirektorat Pinjaman Daerah dan Obligasi Daerah Ditjen Bina Keuda.

Baca juga : Ketum Pandawa Nusantara Minta Mahasiswa Tetap Kritis

Tak hanya itu, hadir secara virtual Duta Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, serta pejabat dari Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.