Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestari: Aksi Perusakan Sesajen Memantik Kebencian

Senin, 10 Januari 2022 20:04 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat prihatin terhadap penyebarluasan aksi kebencian anak bangsa lewat media sosial. Nilai-nilai kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila harus terus diamalkan demi menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sangat memprihatinkan, di tengah kita sebagai bangsa ingin bangkit dari keterpurukan dan membutuhkan dukungan seluruh anak bangsa, ada aksi yang memantik kebencian antarsesama," ujar Lestari, dalam keterangan tertulisnya menanggapi aksi perusakan sesajen di kawasan Gunung Semeru yang beredar di media sosial, Senin (10/1).

Baca juga : Retno: Perjuangan Indonesia Untuk Kesetaraan Vaksin Belum Selesai

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, dasar negara kita, Pancasila sudah memberi panduan kepada setiap warga negara bagaimana harus bersikap dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa ini.

Nilai-nilai Kebhinnekaan yang terkandung dalam Pancasila, jelas Rerie, harus menjadi acuan setiap warga negara dalam bersikap dan bertindak di bumi Nusantara ini.

Baca juga : Ganjar Tak Keberatan

Apalagi, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan energi dari seluruh anak bangsa untuk bangkit dari keterpurukan di berbagai sektor sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir.

Rerie sangat berharap, saat ini seluruh anak bangsa memfokuskan energinya untuk bangkit dan menghindar dari perilaku atau tindakan yang dapat memecah belah anak bangsa, agar terjadi percepatan dalam kebangkitan negeri ini di berbagai sektor.

Baca juga : PSIS Semarang Resmi Perkenalkan Striker Asal Jamaika

Nilai-nilai kebhinnekaan, yang merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendahulu bangsa, jelas Rerie, sudah terbukti mampu menjawab setiap tantangan di setiap zaman.

"Sehingga, di tengah berbagai upaya bangsa ini untuk bebas dari ancaman dampak pandemi, sangat membutuhkan dukungan penuh masyarakat lewat perilaku yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan yang luhur," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.