Dark/Light Mode

Munas Korpri IX

ASN Kekuatan Besar Yang Perlu Dioptimalkan

Sabtu, 29 Januari 2022 13:45 WIB
Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrulloh memberikan sambutan di Munas IX Korpri di Jakarta..
Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrulloh memberikan sambutan di Munas IX Korpri di Jakarta..

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrulloh menyebut Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan kekuatan besar yang perlu dioptimalkan.

“Sebanyak lebih dari 4,2 juta ASN yang tersebar di seluruh tanah air merupakan modal yang besar. Lebih dari cukup untuk menggerakkan roda-roda birokrasi menuju terwujudnya visi negara, yakni masyarakat yang bahagia,” kata Zudan dalam sambutannya pada Musyawarah Nasional (Munas) IX Korpri di Auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id  Sabtu (29/1).

Klaim itu bukan tanpa alasan. Terlebih, kata Zudan, Presiden Joko Widodo telah berkali-kali memberikan amanat kepadanya bahwa peran penting ASN perlu dioptimalkan, setidaknya dalam tiga hal.

Baca juga : Peneliti: Kolaborasi Industri Dan Vokasi Masih Perlu Ditingkatkan

Pertama, Bapak Presiden mengamanatkan agar Korpri dapat mendorong ASN menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kedua, tingkatkan inovasi. 

“Beliau menghendaki kita mewujudkan birokrasi yang penuh inovasi,” katanya . 

Ketiga, Korpri harus menjadi motor penggerak digital government yang akan mendorong pelayanan publik menjadi lebih baik.

Baca juga : Kasus Covid Di Indonesia Paling Terkendali Di Asia

Senada dengan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebut ASN sebagai tulang punggung pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah.

“ASN merupakan penentu kehidupan berbangsa. Di samping mengambil kebijakan, ASN juga pelaksana kebijakan tersebut,” ujar Mendagri.

“Lakukan inovasi-inovasi dan terobosan kreatif sehingga roda pemerintahan bukan hanya bergerak, tapi bergulir dengan cepat, karena kita ingin mempercepat pembangunan menuju rakyat yang lebih sejahtera,” tandas Mendagri. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.