Dark/Light Mode

KSP: Pemindahan IKN Bukti Kita Mampu Wujudkan Perubahan

Minggu, 30 Januari 2022 13:18 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong (Foto: Dok. KSP)
Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi bukti Indonesia mampu mewujudkan perubahan. Ia mencontohkan, pembangunan tol lintas Jawa dan Sumatera, yang akhirnya membuat publik percaya dan optimistis perubahan dan kemajuan memang bisa dicapai. 

"Ada pepatah yang mengatakan, seeing is believing. Artinya, kita menjadi yakin dan percaya setelah melihat dengan mata kepala sendiri. Di situlah makna transformasi besar yang sedang dilakukan," kata Wandy, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (30/1).

Baca juga : Perjalanan 16 Tahun TDA Komitmen Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Sebelumya, dalam acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dan Peresmian Pembukaan Rakernas ICMI, Sabtu (29/1), Presiden Jokowi menyampaikan, pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim bukan sekadar memindahkan gedung pemerintahan. Pemindahan IKN bagian penting dari perubahan atau transformasi, baik di bidang lingkungan, cara kerja basis ekonomi, maupun teknologi. Termasuk di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas, serta tata sosial yang lebih majemuk dan toleran. 

Menurut Wandy, transformasi yang dilakukan melalui pemindahan IKN adalah salah satu cara yang paling tepat. Transformasi itu untuk mempersiapkan mindset para pemimpin muda agar mereka yakin dan mampu meneruskan serta mewujudkan transformasi besar yang sama-sama dicita-citakan seluruh bangsa. 

Baca juga : BPIP: Imlek Momentum Wujudkan Persaudaraan

"Para calon pemimpin kita sudah ada di depan kita saat ini. Mereka yang saat ini berusia 20 hingga 30 tahun akan berada pada usia matang saat itu. Agar mereka siap menjadi pemimpin, maka generasi kita saat ini harus mempersiapkan ekosistemnya," terang pria yang akrab disapa Binyo ini. 

Dia menambahkan, IKN adalah showcase yang kita butuhkan untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045. “Tantangannya tidak mudah. Tapi kalau kita bersatu, kita bisa," tegas Wandy. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.