Dark/Light Mode

Gandeng Jerman, Bappenas Gencar Promosikan Green Jobs

Selasa, 8 Februari 2022 18:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Upaya Jerman menuju ekonomi hijau berfokus secara dalam negeri dan juga skema internasional, melalui kerja sama pembangunan yang dilaksanakan oleh proyek-proyek seperti ISED yang diimplementasikan oleh Bappenas bersama GIZ.

Sementara itu, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, ASEAN & Timor-Leste, Ina Lepel, mengatakan, dalam konteks menghijaukan sumber daya manusia, Jerman telah banyak mengembangkan pekerjaan ramah lingkungan dan menghijaukan pekerjaan yang ada saat ini dengan melakukan pembaruan keterampilan, hingga kurikulum.

Menurutnya, sumber daya manusia merupakan faktor utama yang diperlukan untuk menjawab tantangan domestik maupun global.

Baca juga : Gandeng BerdayaBareng, Inggris Gelar Festival Inklusif Digital 2022

"Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Jerman siap mendukung komitmen Indonesia dalam meningkatkan dan menghijaukan sumber daya manusianya,” jelasnya.

Dengan target bauran energi terbarukan nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025, kebutuhan akan tenaga kerja di bidang pekerjaan ramah lingkungan akan meningkat.

Bangkitnya sektor transisi energi di Indonesia dianggap sebagai salah satu tonggak penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial negara.

Baca juga : Pesantren Warisan Khas Nusantara, Transmisikan Konsep Keagamaan Moderat

Proyek ISED diimplementasikan dengan melihat mata rantai yang hilang antara sisi pekerja dan penyedia lapangan kerja. Tantangan dihadapi oleh universitas dan lembaga TVET dalam memasok para ahli dan teknologi, yang dibutuhkan untuk menyediakan pekerjaan ramah lingkungan dan beroperasi menuju ekonomi hijau. Juga, kerangka regulasi yang akan menjadi pedoman bagi pekerjaan ramah lingkungan di Indonesia.

Proyek ISED adalah proyek kerja sama bilateral yang diimplementasikan atas nama pemerintah Indonesia dan Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) dan dilaksanakan oleh Kementerian PPN/Bappenas dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH.

Proyek ini berfokus pada promosi pekerjaan ramah lingkungan dengan melibatkan sektor swasta, publik, hingga akademisi melalui pelatihan yang inovatif fan berorientasi pada pasar tenaga kerja. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.