Dark/Light Mode

HPN 2022, Mas Menteri Nadiem Haturkan Terima Kasih Dan Ajak Insan Pers Cerdaskan Bangsa

Rabu, 9 Februari 2022 14:42 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbud)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, ucapan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, yang puncaknya diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Selamat merayakan Hari Pers Nasional Tahun 2022. Semoga pers Indonesia semakin adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman," kata Nadiem, di Jakarta, Rabu (9/2)

Menteri Nadiem juga mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dinilainya mendukung upaya mencerdaskan bangsa. Menurutnya, media massa berperan penting dalam membangun pola pikir dan sikap masyarakat.

Baca juga : Menteri Syahrul Ajak Pers Gairahkan Petani Dalam Produksi Hingga Ekspor

"Terima kasih kepada seluruh insan pers Indonesia yang terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui informasi-informasi yang tepercaya dan berkualitas," ungkapnya.

Dilanjutkan Nadiem, media massa merupakan salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa selain sekolah atau lembaga pendidikan.

Media massa menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi seperti saat ini.

Baca juga : HPN 2022, Cak Imin: Pers Harus Jadi Penopang Kemajuan Bangsa

"Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik. Misalnya, sebuah artikel bisa memantik diskusi yang melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif," tutur pria yang biasa disapa Mas Menteri ini.

Hal tersebut sejalan dengan program dan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bermuara pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Yaitu, pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta, berakhlak mulia, berpikir kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Baca juga : Rayakan HPN 2022, Kapolda Metro Bangga Akan Sinergisitas Dan Peran Pers

Untuk itu, ia berharap agar media massa dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistiknya sembari terus berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman.

"Memang tidak mudah, tapi saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah," pesannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.