Dark/Light Mode

DEWG Presidensi G20 Tekankan 3 Prinsip Penting Pemanfaatan Teknologi Digital

Jumat, 11 Februari 2022 23:20 WIB
Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba (Foto: InfoPublik)
Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba (Foto: InfoPublik)

 Sebelumnya 
Nilai Tambah Sektor Strategis
Mira menjelaskan, dinamika sektor strategis yang terus memanfaatkan teknologi digital selama pandemi Covid-19. Menurutnya, setiap pengampu kepentingan dalam sektor tersebut akan dilibatkan dalam pembicaraan Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Misalnya aktor yang paling terdampak pandemi yaitu UMKM. Mereka bisa tumbuh dan berkembang di era pandemi dengan bermigrasi ke UMKM platform digital. Jadi pemanfaatan teknologi digital ini sangat beragam dan harus dapat dimanfaatkan banyak pihak, Itu dari sisi pemanfaatan,” ujarnya.

Baca juga : MASTEL: Presidensi G20 Ajang Kolaborasi Pemulihan Pasca Pandemi

Sedangkan dari aspek penyediaan, Mira mencontohkan model bisnis konvensional yang perlu dipacu dalam merespons dan mengelola disrupsi akibat keberadaan teknologi digital. “Saat ini sudah banyak perusahaan berbasis digital, misalnya over-the-top. Bagaimana kita menciptakan fair level of playing field antara pemain konvensional dengan yang berbasis digital,” ungkapnya.

Mira menyatakan, pembahasan mengenai migrasi aktivitas fisik ke ruang digital, juga akan memperhatikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sebagai backbone atau tulang punggung dalam memberikan layanan digital kepada masyarakat. Salah satu yang menjadi perhatian Kementerian Kominfo berkaitan dengan upaya menjaga dan merawat infrastruktur yang tersedia. 

Baca juga : Sasar Masyarakat Inklusi, BTPN Syariah Gencar Beri Pendampingan Teknologi Digital

“Kita bicara mengenai misalnya bencana alam, beberapa waktu lalu terjadi aktivitas vulkanik di daerah Papua sehingga kabel laut kita putus yang berakibat kepada akses layanan internet di sana terhambat,” tuturnya. 

Menurut Mira, ketahanan terhadap infrastruktur digital atas serangan siber juga menjadi perhatian serius Pemerintah Indonesia. Dengan prinsip inklusivitas, pemberdayaan dan berkelanjutan, Kementerian Kominfo juga akan membahas dalam isu konektivitas digital dan pascapandemi dalam Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia. 

Baca juga : Menkominfo Dorong Pers Adaptasi Teknologi Digital

“Inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan ini lebih dari sekadar kehadiran fisik, antara ada atau tidak ada. Tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif sehingga bisa menghasilkan suatu nilai ekonomi,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.